Jakarta (ANTARA) - Tim nasional esport Indonesia untuk nomor FIFA Online dan Street Fighter V bakal menjalani training camp (TC) di luar negeri untuk mempersiapkan diri menghadapi Asian Games Hangzhou pada September mendatang.

FIFA Online 4 akan menjalani TC ke Thailand selama satu bulan setelah melakukan pelatnas di Jakarta dan latih tanding pada perhelatan Road to Asian Games (RDAG) 2022 di Seoul, Korea Selatan.

Dalam ajang yang digelar pada 2-6 Agustus tersebut atlet esport FIFA Online Mohammad Ega Rahmaditya meraih dua kali menang dan dua kali kalah dalam empat pertandingan yang dilakoni.

Baca juga: Ega Rahmaditya wakili Indonesia nomor FIFA Online 4 di RDAG 2022 Seoul

Menurut pelatih kepala timnas esport Indonesia Richard Permana, saat ini tim FIFA Online 4 sedang dalam masa pemulihan pasca pertandingan, dan segera kembali ke pelatnas sembari bersiap untuk TC selama satu bulan.

"Kenapa kita pilih Thailand itu karena yang terkuat di region ini, dan ternyata terbukti waktu di test event kemarin Thailand peringkat satu, jadi satu bulan ke depan bakal sangat penting sekali untuk seorang Ega," kata Richard saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Untuk nomor Street Fighter V, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) berencana mengirim wakilnya untuk TC ke Tokyo, Jepang, sementara sang atlet dan pelatih saat ini masih berada di pelatnas untuk latih tanding bersama komunitas.

Baca juga: Indonesia kirimkan empat wakil di Road to Asian Games 2022

"Kita berharap kita dapat momentum sangat bagus ketika kita bisa training camp ke Jepang karena game-nya itu Street Fighter V, sedangkan saat ini mainnya itu di Street Fighter VI, jadi ada teman-teman pro player dari luar negeri kita minta bantuan untuk sparring partner Street Fighter V juga mereka langsung menolak," ujar Richard.

Asian Games Hangzhou, yang akan berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober, mempertandingkan tujuh nomor cabang olahraga esport, yaitu Arena of Valor (AoV) Asian Games version, DOTA 2, Dream Three Kingdoms, EA Sports FIFA, League of Legends (LoL), PUBG Mobile Asian Games version, dan Street Fighter V: Champion Edition.

Indonesia akan berpartisipasi dalam empat nomor, yaitu PUBG Mobile Asian Games, DOTA 2, FIFA Online, dan Street Fighter V.

Baca juga: Tujuh nomor game esport akan dipertandingkan di Asian Games Hangzhou

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023