Semoga dengan hadirnya GIIAS di Kabupaten Tangerang ini bisa membawa dampak positif bagi Provinsi Banten dan khususnya bagi Kabupaten Tangerang.
Tangerang (ANTARA) - Bupati Tangerang, Banten, Ahmed Zaki Iskandar berharap penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Pagedangan Kabupaten Tangerang, dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Semoga dengan hadirnya GIIAS di Kabupaten Tangerang ini bisa membawa dampak positif bagi Provinsi Banten dan khususnya bagi Kabupaten Tangerang," ucap Zaki seusai menghadiri pembukaan GIIAS 2023 di Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan bahwa kegiatan GIIAS yang merupakan pameran otomotif terbesar se-Asia ini dinilai bisa berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya terhadap bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (MKM) lokal di sekitar tempat penyelenggaraan event tersebut.

Baca juga: Indonesia duduki peringkat 11 dunia produksi kendaraan bermotor

Selain itu, kata dia, penyelenggaraan GIIAS ini juga dapat meningkatkan perkembangan kendaraan baru di wilayah Banten dan sekitarnya, sehingga akan mempengaruhi penerimaan pajak kendaraan di daerah.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan, sektor manufaktur di Indonesia  tengah bergerak positif dan merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, diikuti perdagangan dari sektor otomotif.

"Oleh karenanya, industri otomotif perlu didorong. Saya juga mengapresiasi pergelaran GIIAS 2023 yang kerap menjadi tonggak pertumbuhan otomotif nasional. Saya mendengar otomotif itu akan banyak yang masuk ke Indonesia dan nanti akan lihat langsung," katanya.

Ia berharap event GIIAS tahun ini bisa meriah dan mampu menghasilkan transaksi yang lebih besar dari event tahun sebelumnya.

"Tahun lalu sampai Rp14.3 triliun transaksinya, dengan unit terjual 25.000 lebih. Tahun ini harusnya bisa lebih karena slogannya 'The Future is Now'," tutur dia.

Baca juga: Menko Airlangga harap transaksi GIIAS 2023 lampaui capaian tahun lalu

Event otomotif bergengsi tersebut akan berlangsung selama 10 hari, mulai 11 sampai dengan 20 Agustus mendatang.

Kali ini GIIAS akan menghadirkan lebih banyak model kendaraan dari merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga karoseri, yang menggunakan area pamer yang lebih luas dari penyelenggaraan sebelumnya.



Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023