"Dengan cara ini, Polri membantu meningkatkan kesadaran politik masyarakat dan mendorong partisipasi yang aktif dalam proses demokrasi,"
Kendari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menekankan ke seluruh personel jajaran di Polda Sultra untuk menjaga keamanan daerah menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa Pemilu merupakan proses yang krusial dalam menjaga kestabilan dan kedaulatan suatu negara demokratis.

Ia menyampaikan bahwa dalam menjalankan tugasnya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan jalannya Pemilu.

Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto bersama ratusan personel Reskrim se-Sultra. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
"Dalam konteks yang lebih luas, peran Polri dalam Pemilu sangat penting dalam mempertahankan stabilitas negara dan memastikan keadilan serta integritas demokrasi," kata Teguh saat membawakan sambutan pada kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Reserse Kriminal (Reskrim) yang dihadiri oleh ratusan personel Reskrim se-Sultra di salah satu hotel di Kota Kendari.

Kapolda Sultra itu menjelaskan bahwa oleh karenanya itu, personel Polri diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong partisipasi yang aktif dari masyarakat tersebut dalam proses berdemokrasi.

"Dengan cara ini, Polri membantu meningkatkan kesadaran politik masyarakat dan mendorong partisipasi yang aktif dalam proses demokrasi," jelas Teguh.

Selain itu, orang nomor satu di Polda Sultra itu juga menambahkan bahwa tak hanya fokus pada Pemilu serentak 2024 mendatang, ia juga menekankan kepada seluruh jajarannya agar berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan daerah.

Ia menambahkan bahwa personel Polri juga harus meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terhadap masyarakat.

"Saya ingin semuanya harus menjadi permanent quick wins. Pelayanan harus benar-benar makin baik, makin cepat, makin mudah. Oleh karena itu sebagai kaum profesional, saya minta jaga, tegakkan, dan jalankan etika dan perilaku seperti itu," katanya.

Diketahui, Rekernis Fungsi Reskrim Polri ini membahas serta menindaklanjuti instruksi penting dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Diantaranya adalah mengawal seluruh program kebijakan pemerintah, mengamankan agenda nasional maupun internasional, hingga proses penegakan hukum, dan Pemilu 2024.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023