Jakarta (ANTARA) - UNIQLO kembali berpartisipasi dalam acara Indonesia Retail Summit yang berlangsung di Sarinah Building, Jakarta Pusat pada 14-15 Agustus, dalam acara itu perusahaan asal Jepang tersebut menyampaikan target 80 persen produk domestiknya diproduksi di Indonesia.

Tahun ini menjadi kali kedua UNIQLO turut serta dalam acara yang diselenggarakan Hippindo untuk mempertemukan para pelaku bisnis ritel domestik maupun global itu.

Dalam acara Indonesia Retail Summit, menurut siaran resmi pada Selasa, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia, Irma Yunita, menyampaikan bahwa tahun ini UNIQLO menargetkan 80 persen dari keseluruhan produknya bisa diproduksi di Indonesia melalui mitra domestik.

Baca juga: UNIQLO siap rilis koleksi Studio Ghibli "Hey, Let's Go!" 21 Agustus

Hingga saat ini, terdapat 14 pabrik tekstil yang sudah menjadi mitra pemasok tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memproduksi sebagian produk untuk UNIQLO di Indonesia.

Pabrik-pabrik tersebut tidak hanya memproduksi produk untuk UNIQLO Indonesia, tetapi juga untuk afiliasi perusahaan tersebut yang berada di bawah naungan Fast Retailing Co., Ltd selaku induk perusahaan UNIQLO di Indonesia, baik untuk konsumen di dalam negeri maupun untuk keperluan ekspor ke luar negeri.

Induk perusahaan Fast Retailing Indonesia ini juga melakukan investasi dan transfer teknologi untuk industri tekstil dalam negeri Indonesia serta memasok produk pakaian Original Equipment Manufacturing (OEM) untuk UNIQLO.

UNIQLO mengadakan program kolaborasi UNIQLO Neighborhood dengan tujuan membangkitkan perekonomian retail di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha.

Baca juga: UNIQLO luncurkan aplikasi StyleHint di Indonesia

Program yang diluncurkan pada tahun 2019 itu diwujudkan dalam bentuk instalasi yang dibangun secara khusus di dalam area toko UNIQLO Indonesia. Instalasi tersebut menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM (usaha kecil menengah) lokal yang terpilih melalui proses kurasi di berbagai daerah. 

Program UNIQLO Neighborhood turut menggaet Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan setempat serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang berada di lokasi usaha UNIQLO.

Selain itu, kolaborasi antara UNIQLO dan UKM lokal ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara UNIQLO dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) pada bulan September 2021 lalu bertempat di UNIQLO Solo Paragon.

Hingga kini, program UNIQLO Neighborhood telah hadir di 42 dari 64 toko UNIQLO di Indonesia dengan total lebih dari 350 UKM yang turut berpartisipasi.

Program tersebut dikaji setiap 1 tahun sekali untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UKM lokal agar dapat menjadi bagian dari program kolaborasi UNIQLO Neighborhood.

Baca juga: UNIQLO hadirkan koleksi ciamik "Doreaemon Sustainability Mode"

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023