jadilah generasi sejati yang setia sampai mati membela Tanah Air
Pesisir Barat (ANTARA) - Bupati Pesisir Barat, Lampung, mengukuhkan sebanyak 40 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pesisir Barat, pada 17 Agustus 2023 memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Selamat terhadap 40 peserta Paskibraka yang mendapatkan amanah dan kepercayaan sebagai anggota pasukan pengibar bendera Pesisir Barat Tahun 2023 yang telah melalui berbagai proses dan tahapan latihan," kata Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, di Pesisir Barat, Selasa.

Ia meminta para anggota Paskibraka menjadikan momentum ini untuk meningkatkan disiplin, rasa cinta tanah air dan berjiwa nasionalis, sehingga menjadi generasi membanggakan.

"Tentu ini sebagai suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kalian (anggota Paskibraka), sekolah, dan orangtua," kata dia.

Baca juga: Muhadjir: Anggota Paskibraka dilatih pembentukan karakter Pancasila
Baca juga: Kepala BPIP tersentuh banyak Paskibraka dari keluarga tidak mampu


Menurut Bupati, sebelum dikukuhkan seluruh anggota Paskibraka telah mengikuti serangkaian pendidikan dan latihan selama kurang lebih 12 hari. Hal itu bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih.

"Tugas sebagai Paskibraka tidaklah mudah karena dituntut untuk mencurahkan segala kemampuan untuk keberhasilan tugas pengibaran bendera pusaka," katanya.

Dirinya mengingatkan dalam pengibaran Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023, pihaknya meminta para anggota Paskibraka membawa motivasi bagi semua warga Pesisir Barat.

"Pesannya kepada seluruh anggota Paskibraka, agar terus memupuk semangat kesatria, semangat bertanggungjawab, jadilah generasi sejati yang setia sampai mati membela Tanah Air," imbuhnya.

Bupati juga tak luput menyampaikan apresiasi nya terhadap seluruh jajaran pelatih, tim medis, pendamping pelatih.

"Kepada para orangtua anggota Paskibraka Pemkab Pesibar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan, dorongan, dan motivasi terhadap anak nya sehingga mampu mengikuti proses latihan untuk dapat mengemban tugas yang mulia sebagai anggota Paskibraka," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi kukuhkan anggota Paskibraka 2023
Baca juga: Wali kota kukuhkan Paskibraka Jakbar
Baca juga: Pemkot Bengkulu kukuhkan 30 paskibraka untuk HUT ke-78 RI

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023