beliau sejak masih Gubernur sampai sekarang yang menginspirasi saya
Jakarta (ANTARA) - Peraih penghargaan Kalpataru kategori perintis lingkungan Tahun 2023 Dani Arwanto (49) mengaku terinspirasi oleh Presiden Joko Widodo yang menyenangi agenda turun langsung ke berbagai tempat untuk meninjau potensi dan tantangan yang perlu digali dari tempat tersebut.

"Saya alhamdulillah dapat undangan mengikuti upacara HUT RI di Istana. Kalau nanti bertemu Presiden, saya akan sampaikan bahwa beliau sejak masih gubernur (DKI Jakarta) sampai sekarang yang menginspirasi saya," ujar Dani lewat sambungan telepon di Jakarta, Rabu (16/8) malam.

Dani mengatakan dirinya terinspirasi gaya kepemimpinan Jokowi yang menyenangi agenda turun langsung ke berbagai tempat agar dibuatkan rencana kerja yang komprehensif ke depan.

"Itu satu cara beliau merancang konsep kerja nanti ke depannya. Begitu pun saya sebagai Ketua RT 07/RW01 Tugu Utara, mengonsep lingkungan kami juga seperti itu," kata Dani.

Karena meniru Jokowi, Dani pun bisa bahu-membahu bersama warga untuk mengubah perkampungan kumuh pesisir Jakarta Utara menjadi hunian nyaman penuh dengan tumbuhan hijau sepanjang jalan.

Dani juga mempelopori terbentuknya Kelompok Tani Gang Hijau Cemara 1 (Cemara Farm) di lingkungannya.

Baca juga: Menteri LHK beri penghargaan Kalpataru kepada 10 pahlawan lingkungan
Baca juga: Wamen LHK optimistis muncul lebih banyak pejuang lingkungan di tapak


Pada 5 Juni 2023, sosok satu ini mendapat ganjaran penghargaan Kalpataru, karena jasanya menggerakkan warga sekitar untuk memelihara lingkungan dan kehutanan di Indonesia.

Melalui kegiatan pertanian perkotaan di Kampung Iklim Gang Hijau Cemara 001 Tugu Utara, Ketua RT07 di RW01 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara itu berhasil mengatasi masalah sosial, budaya, dan lingkungan di wilayah metropolitan yang secara geografis rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Penghargaan Kalpataru 2023 tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Senin (5/6), berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.545/MENLHK/PSKL/PSL.3/5/2023 tanggal 25 Mei 2023 tentang Penghargaan Kalpataru Tahun 2023.

Perasaan bangga dan senang pun bercampur menjadi satu, karena apa yang telah dilakukan oleh pengurus dan warga RW 01 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara berbuah penghargaan Kalpataru dan berkesempatan bertemu dengan sejumlah tokoh lainnya, termasuk Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Baca juga: Ketua RT007/RW01 Jakut binaan PT Pertamina Lubricants raih Kalpataru
Baca juga: DLH banggakan warga Samarinda terima Kalpataru dari KLHK

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023