Jakarta (ANTARA) - Polres Jakarta Pusat mengerahkan 1.800 personel untuk memastikan tak ada kendala selama upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI di wilayah tersebut.
 
"Kami 1.800 personel bertugas sampai semua rangkaian selesai di Jakarta Pusat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis.
 
Untuk memastikan tak ada kendala, personel mengalihkan beberapa arus lalu lintas saat prosesi kirab bendera pusaka dari Cawan Monas ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat.
 
Menurut Komarudin, pihaknya juga memantau pengunjung ataupun tamu undangan yang datang. Biasanya, kepadatan dimulai sekitar satu sampai dua jam sebelum acara berlangsung.
 
Selain itu, Komarudin sudah menyiapkan parkiran untuk para tamu undangan mulai dari depan Gedung MA sampai Gedung Mabes Angkatan Darat, Masjid Istiqlal dan sekitar Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Pengunjung Monas suguhkan keragaman budaya saat perayaan HUT RI
Baca juga: Dishub DKI siapkan 32 lokasi parkir sekitar Monas dan Istana Merdeka
 
Kapolres Jakarta Pusat (Jakpus) juga menyiapkan parkiran untuk para tamu di tribun barat agar berputar melalui Jalan Abdul Muis, Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan.
 
"Acaranya itupun juga kita sudah siapkan parkir, hanya memang dimungkinkan sedikit terjadi kepadatan khususnya di Merdeka Selatan," ujar Komarudin.
 
Komarudin mengimbau masyarakat menggunakan kendaraan umum untuk menghindari kepadatan.
 
Komarudin menyebutkan belum ada tamu undangan yang mengeluh terkait kendala selama Upacara 17 Agustus berlangsung.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023