Kita akan 'roadshouw' di semua distrik dengan kuota peserta yang harus mengikuti sebanyak 800, itu hasil lobi yang dilakukan di Bakti Kominfo maupun Dirjen Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo disesuaikan dengan anggaran yan
Sentani, Papua (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menyebutkan 800 peserta pada delapan kampung (dari delapan distrik) mengikuti literasi digital dalam menunjang perkembangan teknologi di daerah ini yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informarika (Kemenkominfo).

Kepal Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Senin mengatakan daerah ini memiliki 19 distrik, lima kelurahan dan 139 kampung yang dibagi dalam empat wilayah pembangunan.

“Kita akan 'roadshouw' di semua distrik dengan kuota peserta yang harus mengikuti sebanyak 800, itu hasil lobi yang dilakukan di Bakti Kominfo maupun Dirjen Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo disesuaikan dengan anggaran yang ada,” katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan literasi digital selama lima hari pada delapan distrik (kampung) di Kabupaten Jayapura terhitung sejak 21-25 Agustus 202
Pembukaan kegiatan itu, kata dia, diikuti oleh Distrik Sentani dan hari kedua di Distrik Sentani Timur dan Waibu serta berikutnya Distrik Sentani Barat, Depapre, selanjutnya Distrik Nimboran, Nimbokrang dan ditutup di Distrik Ebungfauw.

Ia menjelaskan distrik lainnya juga akan menyusul dengan kegiatan yang sama namun saat ini masih melakukan lobi lanjutan sehingga diharapkan kampung dari distrik lainnya pun bisa mengikuti kegiatan ini.

“Teman-teman pemuda di kampung lainnya harap bersabar kami Diskominfo sedang berupaya untuk kegiatan ini juga bisa dilakukan di tempat kalian,” katanya.

Dia mengharapkan pemuda di seluruh kampung dapat mengakses internet dengan baik serta memanfaatkannya untuk meningkatkan mutu pendidikan, sosial serta ekonomi.

“Jangan gunakan internet untuk kepentingan negatif tetapi belajarlah menggunakan internet untuk memberikan sumbangsih dalam pembangunan, pendidikan, ekonomi dan sosial,” demikian Gustaf Griapon.

Baca juga: Diskominfo Jayapura lakukan sidak pastikan jumlah pelanggan TV digital

Baca juga: Pemkot Jayapura perluas literasi digital di 14 kampung

Baca juga: Kominfo sebut tantangan literasi digital di Papua berangsur teratasi

Baca juga: Menkominfo ajak masyarakat Papua ikuti program literasi digital

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023