Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka lebih tinggi pada Senin, rebound dari posisi terendah enam minggu yang dicapai pada sesi sebelumnya, dibantu oleh kenaikan saham energi tetapi saham mid-caps jatuh karena pengembang perumahan terseret oleh data industri dan pendapatan yang mengecewakan.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang lebih berorientasi ke pasar luar negeri terangkat 0,2 persen pada pukul 07.14 GMT. Indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik turun 0,2 persen, dengan indeks sektor perumahan tergelincir 2,9 persen.

Data dari situs web Rightmove menunjukkan permintaan harga rumah di Inggris turun tajam bulan ini, karena kenaikan biaya hipotek (KPR) menyebabkan penjual menurunkan harapan mereka tentang apa yang bisa mereka dapatkan untuk properti mereka.

Kemerosotan harga Itu adalah penurunan bulanan terbesar untuk Agustus sejak 2018 dan dua kali lebih curam dari musim gugur musim panas biasanya.

Saham Crest Nicholson terpuruk 14,4 persen setelah perusahaan pengembang perumahan itu menurunkan ekspektasi laba tahunannya.

Saham minyak dan gas bertambah 1,0 persen karena kenaikan harga minyak, akibat pasokan global semakin ketat dengan ekspor yang lebih rendah dari Arab Saudi dan Rusia.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didorong ekuitas energi, perawatan kesehatan
Baca juga: China pangkas suku bunga moderat di tengah meningkatnya risiko yuan
Baca juga: Minyak naik di Asia karena ekspor OPEC+ Agustus lebih rendah

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023