Ini (perekaman data administrasi dan perizinan) yang harus kita perhatikan. MPP digital ini akan menyimpan data masyarakat, jadi harus hati-hati
Bandarlampung (ANTARA) - Staf Khusus Wakil Presiden (Stafsus Wapres) RI Gatot Prio Utomo meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Metro, Lampung, untuk melihat progres penerapan MPP digital di wilayah tersebut.

"Iya untuk MPP digital ini masih fase awal ya, kita ada 20 kabupaten dan kota, salah satunya Metro ini yang dijadikan percontohan. Jadi kami ingin melihat seperti apa progresnya di sini," kata Gatot Prio Utomo usai peninjauan MPP di Metro, Senin.

Ia menjelaskan penerapan MPP digital ini tentu dilakukan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat karena dapat memangkas waktu maupun proses dalam mengurus perizinan ataupun administrasi.

"Kalau di MPP yang biasa kan masyarakat harus ke sana kemari, harus fotokopi dan lainnya. Kalau di MPP sudah melalui digital, jadi bisa lebih mudah. Kemudian, jangkauan pelayanan MPP digital ini juga akan lebih luas," ujarnya.

Baca juga: Wapres: MPP Digital strategi taktis Pemerintah tingkatkan investasi

Kendati demikian, kata dia, penerapan MPP digital tersebut harus dilakukan secara berhati-hati dan teliti. Sebab MPP digital akan terintegrasi dan menyimpan semua data masyarakat secara langsung.

"Ini (perekaman data administrasi dan perizinan) yang harus kita perhatikan. MPP digital ini akan menyimpan data masyarakat, jadi harus hati-hati," ujarnya.

Menurut dia, pelaksanaan migrasi pengelolaan perizinan ke MPP digital juga harus didukung oleh pemerintah daerah (pemda), karena pelaksanaan MPP membutuhkan fasilitas yang memadai.

"Untuk fase awal penerapan MPP digital ini ada dua pelayanan yang disediakan yaitu pelayanan kependudukan dan perizinan tenaga kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Menpan RB: MPP digital mudahkan akses layanan publik di mana saja

Ia melanjutkan perluasan pelayanan di MPP akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk sementara ini dua layanan itu yang diterapkan. Nanti kalau sudah berjalan baik di 20 kabupaten dan kota percontohan itu baru kita terapkan ke semua daerah," katanya.

Gatot menambahkan fasilitas MPP di Kota Metro sudah berlangsung dengan baik. Selain memiliki gedung yang mumpuni, pelayanan di MPP Metro juga sudah sangat baik.

"Ini baru setengah tahun terbentuk sudah luar biasa ya. Gedung bagus, pelayanan prima, pengaturan antrean juga sudah bagus. Jadi tinggal mensosialisasikan fasilitas ini sehingga bisa menarik masyarakat agar bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik di sini," ujarnya.

Baca juga: Menpan minta pemda hadirkan MPP tanpa harus bangun gedung baru

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi/Hendra Kurniawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023