Ini sudah menjadi tradisi kita memperkenalkan budaya dengan menjamu tamu kita, mengajak mereka naik Kapal Pinisi
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyiapkan Kapal Pinisi untuk menjamu tamu-tamu penting, diantaranya Menparekraf Sandiaga Uno, pada pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) tanggal 23-27 Agustus 2023.

"Jadi sebelum pembukaan itu di tanggal 23 Agustus, kita akan jamu para tamu VVIP kita. Kita ada welcome dinner di atas Kapal Pinisi," ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Untuk memastikan pembukaan F8 berjalan lancar, pihaknya  terus melakukan koordinasi dengan semua pihak, termasuk dari kepolisian yang membantu mengatur lalu lintas kendaraan.

Tamu-tamu VVIP seperti Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, hingga delegasi beberapa negara akan ikut mengarungi Pantai Losari menggunakan Kapal Pinisi.

Baca juga: 150 stan UMKM disiapkan untuk geliatkan ekonomi masyarakat di F8

"Ini sudah menjadi tradisi kita memperkenalkan budaya dengan menjamu tamu kita, mengajak mereka naik Kapal Pinisi," tuturnya.

Ramdhan Pomanto meninjau semua persiapan, termasuk Kapal Pinisi yang akan digunakan menyeberang ke Sunset Cove. Begitu pun dengan layar Kapal Pinisi yang akan ditarik sebagai tanda pembukaan ajang F8 di Kota Makassar untuk yang ke-6 kalinya itu.

"Sebentar kita uji coba untuk penarikan, semoga bisa berkembang sempurna," terangnya.

Lebih jauh ia mengatakan ajang F8 juga akan menampilkan Fly Pass Sukoi TNI AU sebanyak tiga pesawat.

Baca juga: Lima desainer mancanegara ikut serta di ajang Makassar F8

"Sukhoi itu ada tiga, kita tambah satu. Makanya kita undang seluruh masyarakat RT/RW, dewan lorong, untuk menyaksikan atraksi Sukoi di area Tugu MNEK," ucapnya.

Diketahui ajang F8 tahun ini jauh lebih semarak dari tahun lalu. Ajang F8 ini juga melibatkan sebelas negara, diantaranya Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Philipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India.

Bahkan lima negara ASEAN yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Philipina, dan Laos, mengirim perancang busana  untuk mengikuti F8 di Kota Makassar.

Makassar F8 sendiri singkatan dari Fiction writer and font, Flora and fauna, Food and fruit, selain Fusion music, Film, Fashion, Fine arts, dan Folk.

Baca juga: Wali Kota Makassar sebut perwakilan 11 negara akan hadir di event F8
Baca juga: Wali Kota Makassar siapkan penerjemah jelaskan konsep kapal Pinisi
Baca juga: Jokowi nilai suasana di atas kapal pinisi gambarkan karakter ASEAN


Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023