Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Inggris dibuka lebih tinggi pada Kamis, dipimpin oleh ekuitas barang-barang pribadi (personal goods), sementara Liontrust Asset Management naik setelah gagal mendapatkan dukungan investor yang diperlukan untuk usulan pengambilalihan GAM Holding AG, sehingga mengangkat saham-saham berkapitalisasi menengah.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar ekspor terangkat 0,8 persen, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi menengah atau mid-caps FTSE 250 yang berfokus pada pasar domestik meningkat 0,9 persen.

Saham barang-barang pribadi bertambah 1,3 persen, memimpin kenaikan sektoral.

Baca juga: Saham Inggris ditutup menguat, indeks FTSE 100 terangkat 0,68 persen

GAM telah melakukan diskusi dengan kelompok pemegang saham, kata manajer dana tersebut, setelah tawaran pengambilalihan dari Liontrust Asset Management Inggris gagal mendapatkan tingkat dukungan yang diperlukan.

Saham Liontrust melonjak lebih dari 9,0 persen dan menjadi peraih keuntungan terbesar dalam indeks FTSE 250.

Di sisi lain, perusahaan asuransi jiwa Aviva dan Legal & General masing-masing merosot 1,6 persen dan 1,0 persen, ketika memperdagangkan saham ex-dividen.

Perusahaan jasa energi Inggris, Hunting, mengatakan pihaknya sedang merestrukturisasi jejak operasinya lebih lanjut dan menjual lebih banyak aset eksplorasi dan produksi non-inti untuk memangkas biaya, sehingga membuat sahamnya turun 1,2 persen.

Baca juga: Saham Inggris dibuka lebih tinggi didorong sektor pertambangan

Saham Harbour Energy tergelincir 2,6 persen, setelah produsen minyak dan gas terbesar di Laut Utara Inggris itu mempersempit kisaran perkiraan produksi tahunannya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023