Jakarta (ANTARA) - Pembalap Charles Leclerc menyoroti masalah kontrol dan keseimbangan yang belum dipecahkan oleh tim balap Ferrari untuk SF-23 yang ia kendarai di Grand Prix Belanda yang bergulir di Sirkuit Zandvoort, akhir pekan ini.

Di babak kualifikasi pada Sabtu (26/8), Leclerc harus tersingkir karena terlibat insiden dan membuatnya berada di posisi kesembilan di grid balapan utama, Minggu.

Leclerc dilaporkan kehilangan kendali atas mobilnya saat melalui Tikungan 9 di fase Q3 hingga menabrak pembatas dengan cepat dan membuatnya harus menepi.

“Saya menjalani dua lap berturut-turut dan saya mencoba mengerahkan seluruh kemampuan, tapi sayangnya tidak berhasil,” kata Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1.

“Ada kendala keseimbangan dan mobil yang sangat sulit dikendarai sepanjang akhir pekan. Di sana, saya kehilangan bagian depan lalu bagian belakang, dan saya tidak bisa melewati tikungan, jadi seperti ini (insiden terjadi),” ujarnya menambahkan.

Ditanya apakah ada indikasi mengapa mobil ini begitu menantang untuk dikendarai akhir pekan ini, pembalap asal Monako itu mengaku belum memiliki jawaban terkait hal tersebut.

“Kami belum punya (apa pun) terkait hal itu, tidak. Kami pastinya perlu memeriksanya karena kami sangat kesulitan terutama dengan keseimbangan mobil – ini sangat menyulitkan kami,” ujar Leclerc.

Baca juga: Verstappen sebut berani ambil risiko demi memenangkan GP Belanda

Rekan satu tim Leclerc, Carlos Sainz, berhasil lolos ke posisi keenam di kualifikasi dan menggambarkannya sebagai hasil positif mengingat beberapa waktu yang cukup sulit di akhir paruh pertama musim 2023 F1 dan sesi latihan jelang GP Belanda.

“Berhasil untuk masuk dan keluar di P6 jelas merupakan hasil yang bagus. Kami tidak melakukan kesalahan apapun, kami melakukan eksekusi yang cukup baik, lap yang bagus di sana-sini, jadi menurut saya kami harus senang dengan P6 mengingat performa mobil akhir pekan ini,” kata Sainz.

“Pada balapan utama, saya pikir akan ada hasil yang layak karena Williams, McLaren, Red Bull, Mercedes, Aston Martin, mereka semua lebih cepat dari kami. Dan P6 adalah posisi yang bagus untuk mulai berjuang,” imbuhnya.

Baca juga: Verstappen rebut pole position Grand Prix Belanda
Baca juga: Statistik Grand Prix Belanda di Zandvoort


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023