Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto usai menutup kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) mengklaim jika pengunjung selama lima hari pelaksanaan dari 23-27 Agustus 2023 mencapai 500 ribu orang.

"Untuk pengunjung F8 tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, sekitar 500 ribu orang," ujarnya di Makassar, Senin.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan jumlah total pengunjung pada tahun ini mencapai 500 ribu orang.

Ia menyatakan angka 500 ribu orang terbilang cukup sukses dengan rerata pengunjung sebanyak 100 ribu orang per malam, meski pada tahun sebelum pandemi COVID-19 jumlah pengunjung mencapai 1 juta orang.

"Angka 500 ribu orang itu banyak sekali, kalau perbandingannya di tahun-tahun sebelum pandemi, misalnya 2018, 2019 itu memang capai 1 jutaan orang. Event ini baru lagi dilaksanakan setelah pandemi dan masuk tahun kedua. Tahun depan kita berikan yang spektakuler lagi," katanya.

Danny menuturkan F8 Makassar benar-benar memperlihatkan kualitasnya. Seperti performa para talent di empat panggung F8, kualitas pengunjung, talent serta anak-anak Makassar yang memperlihatkan bakatnya makin hari makin baik.

"F8 adalah wajah kita hari ini. Wajah peradaban dan kebudayaan dan wajah kolaborasi," tuturnya.

Meski begitu, pihaknya terus meminta masukan dan kritikan agar pelaksananya makin sempurna.

Hingga hari terakhir ini, pihaknya memperkirakan pengunjung F8 berkisar hingga 500 ribu orang.

Transaksinya juga sementara dihitung. Yang mana, paling tidak diharapkan dapat menyamai F8 2022 dengan capaian Rp40 miliar.

Lebih dari itu, juga komitmen untuk membuat F8 lebih nyaman, membuat ruang yang lebih longgar.

Pencetus F8 ini, menghaturkan terima kasih kepada Kapolda, Kapolrestabes yang telah mengawal pengamanan selama lima hari pelaksanaan.

Juga kepada TNI yang menjadi bagian kesuksesan acara ini. Kepada Pangkoopsau yang membuka F8 dengan pesawat tempur sehingga F8 menjadi begitu meriah.

Sementara kepada negara sahabat yang bersusah-payah ikut seperti Kedutaan Besar Jepang, Konjen Australia, Kedutaan Besar India, Amerika, Perancis, Malaysia, South Korea, Inggris, Belgia, Rusia, New Zealand, dan Portugal, ia pun menyampaikan terima kasihnya.

Makassar F8 2023 sebelumnya dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Wali Kota Makassar Mohammad Ramdan Pomanto pada 23 Agustus dan berkahir 27 Agustus 2023.

Baca juga: Konjen Australia ungkapkan bangga bisa berpartisipasi di F8 Makassar
Baca juga: Jepang berpartisipasi lagi dalam pergelaran F8 Makassar
Baca juga: Menparekraf optimistis transaksi F8 2023 tembus Rp50 miliar

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023