Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta meraih dua penghargaan dalam "Anugerah Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) 2023".

Adapun dua penghargaan tersebut, yakni Subkoordinator Urusan Penyuluhan DPMPTSP DKI Jakarta, Rinaldi dinobatkan sebagai "Public Speaker Terbaik" dalam "Kategori Kepakaran Public Speaking" dan "Pranata Humas Ahli Muda Terbaik Ketiga" dalam "Kategori Pranata Humas".

“Alhamdulillah, prestasi ini menjadi salah satu bukti keberhasilan instansi kami dalam memenuhi hak-hak informasi publik dan mengelola aspirasi masyarakat," ungkap Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta pada Selasa.

Selain itu menjadi bukti bahwa pendekatan kehumasan telah memiliki fungsi strategis bagi perangkat daerah.

Baca juga: Iprahumas meluncurkan buku tentang Presidensi G20 Indonesia

Benni menuturkan, capaian tersebut tak terlepas dari komitmen Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta dan konsistensi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam membangun komunikasi yang strategis, efektif dan berkelanjutan dalam menyampaikan berbagai informasi, program, kebijakan serta capaian kinerja pemerintah kepada masyarakat.

“Sebagaimana komitmen Pj Gubernur DKI Jakarta Bapak Heru Budi Hartono untuk menjadikan komunikasi sebagai kunci dalam memelihara serta meningkatkan kepercayaan publik," katanya.

Program komunikasi melalui pendekatan kehumasan pun menjadi sangat penting untuk terus dilakukan sehingga bisa menjadi jembatan antara DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dengan publik.

Benni juga memastikan pihaknya akan terus aktif menyampaikan informasi, responsif terhadap pertanyaan, keluhan dan saran-saran dari masyarakat serta menjalin kolaborasi dengan pihak internal maupun eksternal.

Subkoordinator Urusan Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Rinaldi mengaku sangat bersyukur atas kepercayaan serta kesempatan yang diberikan untuk mempresentasikan wajah komunikasi publik DPMPTSP DKI Jakarta dalam Anugerah Iprahumas 2023.

“Alhamdulillah setelah melalui proses penjurian oleh para pakar, praktisi dan pimpinan kehumasan pemerintah, tahun ini DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta mendapatkan dua penghargaan sekaligus” ujar Rinaldi.

Baca juga: Iprahumas: Perpres 36/2022 jadi booster pengabdian pranata humas

Pada awal Maret 2023, Rinaldi juga mencatatkan rekor gemilang dengan dinobatkan sebagai "Best Presenter" (Pembawa Acara Terbaik) dalam ajang "Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2023".

Penghargaan "Best Presenter" tersebut menjadi penghargaan keempat yang didapatkan Rinaldi sejak tahun 2020, 2021, 2022 dan 2023.

Selain itu, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta tercatat telah berhasil meraih total 60 penghargaan dan enam sertifikasi dari pemerintah pusat maupun lembaga yang kredibel di Indonesia dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

“Jadikan komunikasi sebagai langkah strategis organisasi, ubah stigma, bangun reputasi” ungkap Rinaldi.

Baca juga: Pemerintah naikkan tunjangan PNS jabatan fungsional pranata humas

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyebutkan selama delapan tahun berdiri, Iprahumas telah menjadi mitra strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika selaku instansi pembina jabatan fungsional "Pranata Humas".

“Selain menjadi perhimpunan rekan satu profesi, Iprahumas menjadi wadah penting dimana setiap anggotanya dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam menjalankan program-program antar instansi pemerintah,” ujar Usman.

"Anugerah Iprahumas 2023" menjadi kesempatan bagi para praktisi kehumasan pemerintah dalam meningkatkan potensi diri, sekaligus menumbuhkan semangat berkolaborasi dalam membangun bangsa dan meraih kepercayaan masyarakat.

"Saya mengajak seluruh Pranata Humas di Indonesia untuk sama-sama merapatkan barisan, menjaga semangat dan menyampaikan informasi serta optimisme untuk mencerdaskan publik dalam mewujudkan Indonesia maju," kata Usman.

Baca juga: Kominfo: Humas pemerintah harus sigap mitigasi isu

Ketua Umum Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) Indonesia, Thoriq Ramadani mengatakan, "Anugerah Iprahumas 2023" ini merupakan yang kedua kalinya digelar.

"Anugerah Iprahumas 2023" telah menjadi barometer atau tolok ukur kinerja kehumasan pemerintah. “Ajang ini bisa memberikan semacam penguatan kepada humas pemerintah dan juga sebagai tolak ukur barometer bagaimana kinerja humas pemerintah itu sendiri,” kata Thoriq.

Mengusung tema “Beyond Excellent GPR”, Thoriq menyebut selain memberikan penghargaan, "Anugerah Iprahumas" tahun ini sekaligus memberikan semangat kepada para insan humas pemerintah agar terus memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

“'Anugerah Iprahumas 2023' ini merupakan momen bersejarah dimana kita secara bersama-sama menghargai, menghormati dan juga menyemangati para insan humas pemerintah untuk bisa memberikan kontribusi bagi Tanah Air,” kata Thoriq.
Baca juga: DPMPTSP DKI sabet penghargaan kinerja humas tingkat nasional

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023