Jakarta (ANTARA) - Warga negara Latvia yang jauh-jauh datang ke Jakarta untuk mendukung negaranya memborong merchandise atau dagangan promosi resmi Piala Dunia FIBA yang dijajakan di area Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa.

Para pendukung Latvia tersebut memborong kaos negara beremblem bendera Latvia hingga terjual habis.

Penjualan meningkat pesat setelah Latvia berpeluang menuju ke babak kedua kualifikasi setelah menang tipis 88-86 atas Prancis, Minggu (27/8).

Berdasarkan data dari Panitia Pelaksana Lokal Piala Dunia FIBA 2023, per hari ini penjualan kaos negara Latvia secara daring di hoops.indonesia hampir terjual habis. Bahkan stok di merchandise shop dan dua fan shop yang berada di Indonesia Arena pun ludes.

"Untuk penjualan di hoops.indonesia tinggal tersisa dua kaos negara Latvia dengan ukuran XXL saja. Sementara untuk penjualan langsung di fan shop dan merchandise shop resmi di Indonesia Arena sudah terjual habis dari 500 buah stok yang ada," kata Project Manager Merchandise FIBA World Cup 2023 William Loek di Indonesia Arena GBK Jakarta.

Baca juga: Debutan Latvia kejutkan Prancis dengan kemenangan dramatis 88-86

Selasa malam ini, Latvia dan Kanada akan melakoni duel penentu juara Grup H pada pukul 20.30 WIB, dan dipastikan para pendukung Latvia baik dari penggemar basket Indonesia maupun penggemarnya yang datang langsung dari Latvia kembali akan memadati Indonesia Arena.

Laga ini bukan hanya memperebutkan posisi utama klasemen grup yang, tetapi juga memperbesar peluang menuju babak perempat final.

"Kebanyakan yang membeli pendukung Latvia dari luar. Tapi, banyak juga lokal yang juga mendukung Latvia ikut beli. Kenapa kaos lebih laku, mungkin di luar Indonesia Arena panas. Jadi mereka kebanyakan beli untuk baju ganti jika berkeringat," tambah William.

Baca juga: Kerja keras jadi kunci Latvia tundukan tim unggulan Prancis

Dia mengatakan jika malam ini kembali akan ramai pendukung Latvia. Hadirnya pendukung Latvia yang hampir selalu memenuhi setengah kapasitas stadion Indonesia Arena ini mencengangkan semua pihak.

Para pemain dan tim pelatih bahkan menilai hal ini luar biasa, mereka tidak menyangka bahwa para pendukungnya akan terbang dari Latvia untuk memberikan dukungan langsung kepada mereka di Jakarta hingga akhir babak kualifikasi pada 3 September mendatang.

"Pendukung kami luar biasa. Jumlahnya mungkin sekitar 2.500-an yang datang ke sini, tapi riuhnya seperti 5.000-an. Mereka mendorong kami di lapangan. Mereka menakjubkan," ungkap Arturs Visockis-Rubenis, Asisten Pelatih Latvia.

Untuk penjualan tiket untuk pertandingan hari ini, di gim kedua antara Kanada versus Latvia hingga pukul 10.22 WIB tercatat 10.284 tiket terjual. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah dari penjualan langsung di ticketbox Indonesia Arena. Pada laga Latvia melawan Prancis sebelumnya, jumlah penonton yang hadir sekitar 11-ribu.

Baca juga: Ratusan warga Latvia terbang ke Indonesia demi FIBA World Cup 2023

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023