Saham sektor asuransi jiwa terangkat 1,6 persen memimpin kenaikan sektoral
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka menguat pada perdagangan Rabu, didukung oleh ekuitas perusahaan-perusahaan asuransi, dengan Prudential melonjak setelah melaporkan laba setengah tahun yang kuat, sementara Direct Line terangkat setelah perusahaan menunjuk CEO baru.

Indeks acuan saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri naik 0,3 persen di awal perdagangan, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik terkerek 0,2 persen.

Saham sektor asuransi jiwa terangkat 1,6 persen memimpin kenaikan sektoral.

Saham Prudential yang tercatat di London melonjak 2,6 persen, setelah perusahaan asuransi yang berfokus di Asia ini membukukan kenaikan laba operasional semester pertama sebesar 3,6 persen. Saham Prudential mencatat keuntungan terbesar pada indeks acuan.

Perusahaan asuransi non-jiwa meningkat 0,6 persen, didukung oleh kenaikan 1,0 persen pada Direct Line Insurance Group setelah perusahaan asuransi kendaraan bermotor dan rumah asal Inggris tersebut menunjuk Adam Winslow, eksekutif senior di Aviva, sebagai CEO barunya.

Inggris pada Selasa (29/8/2023) membatalkan peraturan yang diwarisi dari Uni Eropa yang membatasi investor dapat memperdagangkan saham, sebagai bagian dari langkah yang lebih luas untuk meningkatkan reputasi London sebagai pusat keuangan global yang terbuka dan kompetitif.

Sektor perbankan investasi dan jasa pialang naik 0,3 persen.

Baca juga: Saham Inggris untung hari ke-5, indeks FTSE 100 bertambah 1,72 persen
Baca juga: Saham Inggris dibuka lebih tinggi ditopang sektor pertambangan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023