Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Inggris dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa, setelah perpanjangan libur akhir pekan, karena para penambang menguat di tengah optimisme atas dukungan kebijakan baru dari konsumen utama China, sementara Bunzl naik karena prospek laba tahunan yang optimis.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri melonjak 1,3 persen di awal perdagangan, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mind-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik naik hampir 1,0 persen.

Indeks FTSE 100 melampaui rekan-rekan regionalnya, dengan STOXX 600 pan-Eropa yang lebih luas menguat 0,6 persen.

Bursa Efek London ditutup pada Senin (28/8/2023) untuk hari libur bank musim panas.

Baca juga: Saham Inggris reli hari keempat, indeks FTSE 100 menguat 0,07 persen

Saham Bunzl melonjak hampir 4,0 persen setelah distributor perlengkapan bisnis Inggris itu menaikkan perkiraan laba operasional tahunan yang disesuaikan. Saham Bunzl mendapat keuntungan terbesar dalam indeks acuan.

Penambang logam industri memperkirakan harga logam naik 1,7 persen. China mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat pada Minggu (27/8/2023) bahwa mereka mengurangi separuh pajak pada perdagangan saham.

Saham-saham penambang logam mulia juga terangkat 1,7 persen, didukung oleh kenaikan harga emas karena melemahnya dolar AS dan imbal hasil obligasi.

Baca juga: Saham di Inggris dibuka naik ditopang ekuitas penambang dan energi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023