Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Inggris dibuka menguat pada perdagangan Jumat, terangkat kenaikan ekuitas penambang dan energi, sementara kemerosotan saham CMC Markets dan Watches of Switzerland menyeret indeks saham berkapitalisasi menengah lebih rendah.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ekspor meningkat 0,3 persen di awal perdagangan, sementara indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik merosot 0,2 persen.

Saham sektor energi bertambah 1,0 persen didukung oleh kenaikan harga minyak, sementara penambang logam industri juga meningkat 1,0 persen, mengikuti kenaikan harga logam.

Baca juga: Saham Inggris untung hari ketiga, indeks FTSE 100 terkerek 0,18 persen

Saham Watches of Switzerland menukik 26,7 persen di tengah berita bahwa Rolex SA akan membeli bisnis Bucherer. Saham tersebut menjadi pecetak kerugian terbesar pada indeks kapitalisasi menengah.

Saham CMC Markets anjlok 18,0 persen setelah platform perdagangan daring itu memperkirakan laba tahunan lebih rendah. Saham tersebut mengalami penurunan terbesar kedua pada indeks saham berkapitalisasi sedang.

Investor akan mencermati pidato Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell hari ini untuk mendapatkan petunjuk mengenai prospek suku bunga pada saat sebagian besar percaya bank sentral hampir selesai menaikkan suku bunga.

Baca juga: Saham Inggris dibuka menguat ditopang ekuitas barang-barang pribadi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023