Jakarta (ANTARA) - Peritel perlengkapan rumah tangga asal Swedia, IKEA mengumumkan komitmennya dalam mengurangi jejak karbon dengan menyediakan tempat pemberhentian bus untuk Bus Rapid Transit (BRT) dan area tempat parkir khusus untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di toko IKEA Kota Baru Parahyangan.
 
“Sejalan dengan ambisi People & Planet Positive kami, hal ini tertanam dalam kegiatan operasional kami dan kami akan terus mendorong perubahan positif dengan mengurangi sebanyak mungkin jejak karbon dalam operasional kami,” kata Presiden Direktur IKEA Indonesia Patrik Lindvall melalui siaran persnya, Rabu.
 
Kegiatan BRT telah berlangsung sejak satu setengah tahun yang lalu dengan menjadikan toko IKEA Kota Baru Parahyangan, Bandung sebagai destinasi tujuan akhir BRT di koridor 2D. BRT yang menghubungkan toko IKEA dengan kota Bandung ini dapat membantu masyarakat untuk datang dan berbelanja di toko IKEA dengan mudah tanpa perlu menggunakan kendaraan pribadi.
 
Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi jejak karbon serta meningkatkan aksesibilitas dengan memberikan pilihan moda transportasi publik yang lebih ramah lingkungan untuk dapat digunakan oleh pengunjung.
Peresmian tempat pemberhentian bus untuk BRT dan area tempat parkir khusus untuk SPKLU di IKEA Kota Baru Parahyangan. (ANTARA/HO/Dokumentasi IKEA Indonesia)
 
Selain sebagai hub untuk BRT, toko IKEA Kota Baru Parahyangan juga telah melakukan praktik keberlanjutan dengan menyediakan dua unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang dapat ditemukan di area parkir lantai dasar. Layanan tersebut adalah SPKLU komersial pertama di IKEA Indonesia yang disediakan guna mendorong pengunjung, karyawan maupun masyarakat umum beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.
 
Menurut Lindvall, hal tersebut dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik dalam mengurangi jejak karbon. Dengan pemahaman bahwa praktik keberlanjutan memerlukan kemitraan di seluruh rantai pasokan, hal tersebut menjadi salah satu solusi mereka bersama pemerintah dengan menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum di toko IKEA Kota Baru Parahyangan, Bandung.

Baca juga: IKEA luncurkan koleksi peralatan dapur "TABBERAS"

Baca juga: IKEA Indonesia resmikan gerai pick-up point di Yogyakarta

Baca juga: IKEA luncurkan koleksi kerajinan tradisional "MVINN"

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023