Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia perabotan rumah tangga asal Swedia, IKEA, meluncurkan koleksi kerajinan tradisional bernama “MÄVINN.”

Melalui siaran pers oleh IKEA Indonesia, Senin, koleksi MÄVINN merupakan kolaborasi dengan usaha sosial di empat negara Asia (Vietnam, India, Thailand, dan Bangladesh) untuk memproduksi koleksi aksesori unik rumah, yang terbuat dari bahan-bahan etnik, dipadukan dengan teknik perajin tradisional.

“Melalui koleksi MÄVINN, kami dapat mendukung pengrajin dan komunitas mereka sambil memproduksi barang kerajinan tangan unik dapat diakses oleh orang di seluruh dunia,” kata Manajer Komunikasi dan Humas IKEA Indonesia Ririn Basuki.

Baca juga: IKEA Surabaya resmi dibuka berdayakan masyarakat lokal

Koleksi MÄVINN menampilkan 20 produk aksesori rumah yang dibuat dengan menggunakan teknik perajin tradisional. Ragam produk yang ditawarkan koleksi MÄVINN, antara lain produk keranjang, kap lampu, celemek, tas, sarung bantal, dan lainnya.

Produk tersebut dibuat bersama tujuh bisnis sosial untuk membuka kesempatan kerja jangka panjang bagi masyarakat pedesaan dan kelompok marginal.

Beberapa usaha sosial yang bekerja sama dengan IKEA adalah Saitex (Vietnam), Spun (India), dan Rangsutra (India) untuk membuat koleksi dan produk sambil mengamankan peluang kerja serta mata pencaharian bagi perempuan di pedesaan dan penyandang disabilitas.

Baca juga: IKEA tutup gerai di Shanghai

Koleksi MÄVINN terbuat dari kapas, bahan over-run dari produksi denim, serta serat alami, seperti kertas yang terbuat dari kulit pohon murbei, serat pisang, dan goni. Sebagian besar bahan yang digunakan berasal dari masyarakat lokal di Bangladesh, India, Thailand, dan Vietnam.

Ke depannya, IKEA berencana untuk mempertahankan lebih banyak lagi mitra dari koleksi debutnya, serta memperkenalkan beberapa bisnis sosial baru. Koleksi terbatas MÄVINN akan tersedia mulai bulan Juni 2023 di toko IKEA Alam Sutera, IKEA Surabaya dan IKEA Bali. Selain itu, produk tersebut juga tersedia di laman website IKEA.co.id bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara daring.

Baca juga: Midea Indonesia hadirkan produk home appliance terbaru

Baca juga: Samsung perluas bisnis peralatan rumah tangga

Baca juga: Arab Saudi tingkatkan impor peralatan rumah tangga Indonesia

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023