Jakarta (ANTARA) - Perhelatan Piala Dunia FIBA 2023 mulai memasuki putaran kedua fase grup dengan meloloskan masing-masing dua negara pada tiap Grup A hingga G.

Dari Grup A yang kompetisinya digelar di Filipina, Republik Dominika menjadi juara grup dengan Italia sebagai runner up. Sang tuan rumah Filipina yang diperkuat pemain NBA dari Utah Jazz Jordan Clarkson tak mampu sekalipun memetik kemenangan selama kompetisi.

Pada Grup B, Serbia yang tak diperkuat oleh Nikola Jokic masih tetap tak terbendung dengan jadi juara grup dengan menyapu bersih kemenangan. Di posisi dua ada Puerto Riko.

Di Grup C, Amerika Serikat juga tak terkalahkan dengan tiga kemenangan meski hanya menurunkan pemain muda. Di bawahnya ada Yunani tanpa Giannis Antetokounmpo.

Selanjutnya di Grup D yang banyak diisi oleh kontestan kuda hitam, Lituania menjadi juara grup dengan nilai sempurna, diikuti Montenegro di posisi dua.

Grup E, Jerman memimpin klasemen dengan enam poin dari tiga kemenangan dan Australia duduk di posisi dua. Jepang sebagai tim tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia FIBA di Okinawa hanya sanggup menang sekali dan berada di peringkat tiga.

Pada Grup F, Luka Doncic menggendong negaranya menjadi juara grup dengan mengumpulkan 90 poin dari tiga pertandingan. Rata-rata poin per gim Doncic mencapai 30 PPG dan menjadikannya pemain paling produktif selama piala dunia berlangsung.

Di posisi dua Grup F ditempati oleh Georgia yang mengemas dua menang dan satu kalah.

Kompetisi Grup G yang diselenggarakan di Indonesia memunculkan Spanyol sebagai juara grup dengan tiga kemenangan, diikuti Brazil di posisi dua.

Pada Grup H terjadi kejutan di mana Prancis yang dijagokan malah gagal lolos setelah kalah dari tim debutan piala dunia Latvia. Kanada menjadi juara grup dengan membabat habis seluruh tim dan tim yang baru pertama kali mengikuti kompetisi yakni Latvia malah lolos ke babak selanjutnya dengan mengemas dua menang dan satu kalah.

Para juara grup dan runner up akan melakoni babak kualifikasi kedua mulai 1 September, sementara tim yang kalah akan saling berhadapan pada laga di klasifikasi di 31 Agustus dan 2 September.

Para juara dan runner up grup akan berkompetisi lagi dalam satu grup yang sama untuk memperebutkan dua posisi teratas. Dua tim itulah yang nantinya berhak melaju ke babak perempat final.

Baca juga: Spanyol tatap dua laga berat lawan Latvia dan Kanada

Di Indonesia, empat tim teratas dari Grup G dan H akan bergabung menjadi satu Grup L. Di Grup L ini Kanada dan Latvia akan menghadapi dua wakil Grup G yakni Spanyol dan Brazil. Hasil dari grup masing-masing, ditambah dua game di Grup L, akan dijumlahkan untuk menentukan dua tim yang berhak lolos ke perempat final di Manila, Filipina.

Sedangkan dua tim terbawah dari Grup G dan Grup H akan tergabung dalam Grup P. Gim pertama akan mempertemukan peringkat tiga Grup G, Pantai Gading melawan posisi empat Grup H, Lebanon pada pukul 16.45 WIB. Sedangkan Prancis sebagai posisi ketiga Grup H akan bertemu Iran yang menempati dasar klasemen Grup G pada pertandingan kedua 20.30 WIB.

Pada 1 September yang menjadi babak kedua kualifikasi Grup L, pemuncak klasemen Grup G Spanyol bertemu runner up Grup H Latvia di gim pertama pukul 16.30 WIB. Pada gim kedua, pukul 20.30 WIB pimpinan Grup H Kanada menghadapi runner up Grup G Brazil.

Untuk pertandingan 2 September, dua peringkat ketiga Grup G dan H, Pantai Gading serta Prancis akan bertemu pada pukul 16.45 WIB. Sedangkan di jam kedua, pukul 20.30 WIB, dua tim papan bawah dari Grup G dan grup H, Iran dan Lebanon saling berhadapan.

Pertandingan Pantai Gading, Iran, Prancis, dan Lebanon ini adalah untuk penentuan peringkat. Tim peringkat pertama dari Grup M, N, O, dan P akan diklasifikasikan sebagai peringkat 17 hingga 20, tergantung nilai akhir mereka. Peringkat kedua akan berada di peringkat 21 hingga 24. Peringkat ketiga 25 hingga 28, dan peringkat keempat 29 hingga 32.

Sedangkan 3 September akan menjadi hari penentuan. Di mana dua runner up grup, Brazil versus Latvia akan berduel di jam pertandingan pertama, pukul 16.45 WIB. Sementara "big match" yang mempertemukan dua raksasa Grup G dan Grup H akan digelar pukul 20.30 WIB antara Spanyol dan Canada.

Jadwal pertandingan putaran dua fase grup di Indonesia Arena:

31 Agustus (Grup P)
16.45: Pantai Gading - Lebanon
20.30: Prancis - Iran

1 September (Grup L)
16.45: Spanyol - Latvia
20:30: Kanada - Brazil

2 September (Grup P)
16.45: Pantai Gading - Prancis
20.30: Iran - Lebanon

3 September (Grup L)
16.45: Brazil - Latvia
20.30: Spanyol - Kanada

Baca juga: Pelatih Iran akui kualitas tim juara bertahan Spanyol
Baca juga: Tim Soares puas dengan kemenangan atas Pantai Gading

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023