Jakarta (ANTARA) - Prancis mengalahkan Iran dengan skor akhir 82-55 sekaligus memberikan penampilan terbaik bagi penonton di Indonesia Arena pada babak klasifikasi Grup P Piala Dunia FIBA 2023 di Jakarta, Kamis.

Kendati pun laga ini tak berdampak lagi pada Piala Dunia maupun kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Rudy Gobert dkk masih memainkan bola basket kelas dunia nan menghibur bagi para penonton di Indonesia.

Berbagai poin dicetak lewat slam dunk dari para pebasket Prancis. Selain itu, berbagai trik operan juga dipertontonkan dalam laga melawan Iran yang membuat riuh rendah penonton Indonesia Arena.

Baca juga: Debutan Latvia kejutkan Prancis dengan kemenangan dramatis 88-86

Prancis memulai laga dengan lambat, namun fokus mereka mulai terbentuk di pertengahan kuarter dua di mana keunggulan mutlak tim asuhan Vincent Collet tak terbendung hingga akhir laga.

Prancis sempat unggul sampai 32 poin dengan akurasi tembakan 57 persen, yaitu 34 masuk dari 60 upaya yang dilakukan (34-60). Berbeda sekali dengan Iran yang hanya mencatatkan akurasi 31 persen, atau 20-65.

Rudy Gobert memang hanya mencetak 9 angka pada laga kali ini, tapi dia membuktikan kualitas bertahannya sebagai pemain posisi center dengan menghalau tembakan lawan sebanyak 4 blok. Dia juga mencatatkan 9 rebound pada laga kali ini.

Baca juga: Wael Arakji kecewa Lebanon gagal petik kemenangan lawan Prancis

Atas dasar statistik itu pula Rudy Gobert yang merupakan pemain tim NBA Minnesota Timberwolves diganjar pemain terbaik dalam laga melawan Iran.

Pencetak poin terbanyak dari Prancis dicatatkan oleh Elie Oktober dengan 13 poin, Nando De Colo 12 poin, dan Guerschon Yabusele 11 poin.

Sementara skor tertinggi dari Iran dicetak oleh Meisam Mirzaei dan Behnam Yakhchali yang masing-masing membukukan 11 poin. Navid Rezaeifar menambahkan 10 poin.

Prancis selanjutnya akan menjalani laga pamungkasnya di Indonesia dengan melawan Pantai Gading pada Sabtu (2/9). Dan Iran yang sudah empat kali kalah di Piala Dunia kali ini akan mencoba peruntungan dengan memetik kemenangan lawan Lebanon di hari yang sama.

Baca juga: Pantai Gading kandaskan Iran di Piala Dunia FIBA 2023
Baca juga: Kalahkan Pantai Gading, Lebanon raih kemenangan pertama di Piala Dunia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023