Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum kemarin (1/9) menjadi sorotan, di antaranya apel gabungan TNI dan Polri untuk pengamanan KTT ASEAN di Jakarta sampai KPK membuka opsi menyelidiki kasus korupsi yang melibatkan Muhaimin Iskandar.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

TNI-Polri antisipasi kerawanan pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan personel yang terlibat pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta siap mengantisipasi kerawanan dengan kompleksitas yang ada di Ibu Kota.

“Ya jadi semua ancaman, baik dari dalam maupun luar sudah kami antisipasi semua, termasuk ancaman siber ada BSSN dan seluruh siber TNI maupun Polri, semua kami siapkan, kami antisipasi, termasuk ancaman dari luar, ada kapal perang, ada pesawat tempur yang sudah kami siapkan,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Silang Monas, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Polri kerahkan 8 satgas amankan KTT Ke-43 ASEAN

Polri menyiapkan rencana operasi terpusat untuk pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta, salah satu rencana aksinya adalah mengerahkan delapan satuan tugas (satgas).

"Standar pengamanan kegiatan seperti KTT ini sudah baku. Kami siapkan rencana operasi terpusat untuk Polri, dipimpin oleh Kabaharkam dan dibantu delapan satgas," kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Verdianto I. Bitticaca dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9): Road to ASEAN Summit 2023 yang mengangkat tema Pengamanan KTT Ke-43 ASEAN, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

KPK buka opsi periksa Cak Imin soal penyidikan di Kemenaker

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak menutup kemungkinan memeriksa mantan Menteri Tenaga Kerja periode 2009-2014 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) terkait penyidikan dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi tenaga kerja Indonesia di lingkungan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) tahun 2012.

Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengatakan opsi pemanggilan tersebut muncul karena kasus dugaan korupsi terjadi di masa jabatan Muhaimin sebagai Menteri Tenaga Kerja.

Selengkapnya baca di sini.

KPK buka penyelidikan dugaan korupsi PT Taspen

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan telah membuka penyelidikan soal kasus dugaan tindak pidana korupsi di PT Taspen (Persero).

"Kami baru bisa menyampaikan kami, KPK, sedang melaksanakan penyelidikan terkait perkara Taspen," kata Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Jenazah relawan kemanusiaan korban KKB dievakuasi ke Jayapura

Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Purnomo mengatakan jenazah Michele Kurisi Doga yang merupakan relawan kemanusiaan dievakuasi ke Jayapura, Papua, Jumat, menggunakan pesawat milik Trigana dengan kode penerbangan PK-YSV.

"Jenazah korban sudah dievakuasi ke Jayapura yang di dampingi ibu dan keluarga almarhum, " kata AKBP Heri kepada Antara, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023