Jakarta (ANTARA) - Prancis mengakhiri perhelatan Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia dengan mengalahkan Pantai Gading lewat skor 87-77 pada laga terakhirnya di babak klasifikasi Grup P yang digelar di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu.

Prancis yang notabene runner up Olimpiade 2020 Tokyo gagal lolos putaran dua grup untuk melaju babak perempat final Piala Dunia FIBA 2023. Mereka pun hanya menjalani dua laga klasifikasi yang tak berpengaruh lagi pada kompetisi.

Pertandingan pamungkas Prancis dan Pantai Gading berlangsung tanpa tekanan sejak awal. Kendati demikian, bukan berarti laga berjalan tanpa keseruan.

Prancis tetap menurunkan para pemain bintangnya seperti Rudy Gobert yang merupakan pemain NBA Minnesota Timberwolves dan Evan Fournier dari New York Knicks sebagai starter. Ditambah dengan Nando de Colo, Isaia Cordiner, dan Guerschon Yabusele yang juga bermain baik sebagai starter.

Pantai Gading pun menampilkan permainan terbaiknya dengan lebih dulu unggul dan memberikan perlawanan yang merepotkan tim elit Prancis di paruh pertama laga.

Selisih poin Prancis dan Pantai Gading tak lebih dari lima angka di babak pertama yang menandakan laga berlangsung dengan persaingan ketat. Kuarter pertama berakhir dengan keunggulan Prancis 25-21, namun Pantai Gading mencuri poin di akhir kuarter kedua yang menjadikan babak pertama berakhir 41-40 untuk Pantai Gading.

Pada permulaan babak kedua, Prancis mempertontonkan permainan kelas dunia yang membuktikan bahwa mereka adalah tim besar. Perolehan poin sempat berjarak 10 angka bagi Prancis, namun lagi-lagi Pantai Gading yang enggan menyerah kembali mempertipis jarak hingga skor berakhir 62-61 untuk keunggulan setengah bola Prancis.

Baca juga: Timnas Basket Latvia senang dengan dukungan dari fans Indonesia

Di kuarter akhir Pantai Gading masih mempersulit Prancis dengan sempat mengunggulinya dengan skor 69-67. Akan tetapi Rudy Gobert dkk berhasil lepas dari kejaran Pantai Gading dan mengakhiri laga dengan skor 87-77.

Ada lima pemain dari Prancis yang mencetak poin lebih dari 10 angka, yaitu Isaia Cordinier 19 poin, Rudy Gobert 17 poin, Sylvain Francisco 15 poin, Nando De Colo 13 poin, dan Elie Okobo 10 poin.

Sementara Nisre Zouzoua menjadi pencetak poin tertinggi untuk Pantai Gading dengan 18 poin dan Solo Diabate bersama Vafessa Fofana sama-sama mencetak 13 angka untuk negaranya.

Prancis menyelesaikan Piala Dunia FIBA 2023 dengan tiga kemenangan, yaitu melawan Pantai Gading, Iran, dan Lebanon. Mereka juga menelan dua kekalahan saat berhadapan dengan Kanada di laga pembuka dan secara mengejutkan dikalahkan tim debutan Latvia.

Sedangkan Pantai Gading hanya mengemas satu kemenangan di Indonesia, yakni saat melawan Iran. Empat gim lainnya yaitu melawan Prancis, Lebanon, Brazil, dan Spanyol berakhir dengan kekalahan.

Baca juga: Akui Brasil bermain lebih baik, Kanada menyongsong laga lawan Spanyol
Baca juga: Pelatih Latvia: Menang dari Spanyol kemenangan besar, malam istimewa

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023