Jakarta (ANTARA) - Duta Global FIBA Basketball World Cup (FBWC) 2023 Luis Scola menyebut Indonesia sudah termasuk dalam jajaran tim besar bola basket Asia dilihat dari perkembangan olahraga tersebut yang begitu pesat di tanah air.

"Basket berkembang cepat di Indonesia. Asia sudah menjadi bagian besar dari perkembangan bola basket dunia dalam 20 tahun terakhir. Kita bisa lihat China, Jepang, serta Filipina, dan sekarang Indonesia juga masuk dalam jajaran grup tersebut. Jadi saya kira ini bagus untuk basket secara umum, globalisasi, bagaimana menyebarkan permainan dan saya senang berada di sini," kata Luis Scola yang berkunjung ke Jakarta pada hari terakhir pelaksanaan Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia.

Dalam kapasitasnya sebagai Global Ambassador FIBA World Cup 2023, dirinya bertugas mempromosikan kejuaraan ini ke seluruh dunia. Menyebarkan basket untuk lebih global, Scola tahu apa yang diperlukan untuk menang karena dia telah lama mewakili negaranya di kejuaraan tersebut.

Mantan pemain tim NBA Houston Rockets tersebut menilai Indonesia sangat bagus sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 walaupun baru kali pertama menyelenggarakan.

Menurutnya, digelarnya Piala Dunia FIBA di Indonesia bisa membuat olahraga bola basket di Indonesia akan tumbuh lebih cepat lagi. Dia pun berpendapat bahwa Indonesia ini adalah tempat yang bagus untuk bisa mengembangkan bola basket di masa yang akan datang.

Luis Scola hadir dalam acara “meet and greet” yang berlangsung di Senayan Park, Jakarta, sebagai bagian dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023.

Sebanyak 100 penggemar yang hadir pertama di area Fan Zone Piala Dunia FIBA berkesempatan untuk berfoto bersama dengan Scola.  Selain itu, 20 penggemar yang beruntung bisa mendapatkan tandatangannya.

Scola akan menyaksikan laga dua laga final pertandingan penentuan babak kedua kualifikasi Grup L, antara Latvia versus Brasil dan Kanada melawan Spanyol.


Baca juga: Latvia tembus perempat final dengan statistik mengagumkan

Baca juga: Persaingan dua raksasa pada puncak Piala Dunia FIBA di Indonesia Arena

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023