Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Inggris dibuka melemah pada perdagangan Rabu, karena data ekonomi lemah baru-baru ini dari China dan Eropa terus membebani sentimen global, sementara saham Barratt Developments turun setelah perusahaan perumahan tersebut memperingatkan iklim pasar perumahan yang sulit.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang banyak diminati eksportir tergelincir 0,5 persen di awal perdagangan, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri turun 0,4 persen.

Saham Barratt tergerus 0,7 persen setelah perusahaan pengembang perumahan terbesar di Inggris itu membukukan penurunan laba tahunan dan memperkirakan kondisi perdagangan yang sulit selama beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Saham Inggris ditutup di zona merah, indeks FTSE 100 jatuh 0,20 persen

Indeks pembangun rumah yang lebih luas turun 0,7 persen.

Pasar global juga terus mengalami kerugian pada hari kedua seiring melemahnya pertumbuhan di China dan Eropa yang meningkatkan kekhawatiran terhadap momentum ekonomi global.

Saham fund manager yang berfokus pada pasar negara berkembang, Ashmore, anjlok 4,3 persen setelah melaporkan penurunan laba tahunan sebesar 6,0 persen.

WH Smith terangkat 2,6 persen setelah pengecer tersebut melaporkan lonjakan pendapatan tahunan sebesar 28 persen, didorong oleh permintaan yang kuat selama musim perjalanan musim panas yang sibuk.

Baca juga: Saham Inggris berbalik melemah, indeks FTSE 100 berkurang 0,16 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023