Saya meminta kepada para orang tua agar dapat membina putra dan putrinya, baik itu pembinaan mental, fisik, akademik, hingga kesehatan sedini mungkin, sebelum mengikuti tes Akpol di kemudian hari
Palangka Raya (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto meminta kepada putra dan putri di Kalimantan Tengah (Kalteng) agar menyiapkan diri, untuk nantinya mendaftar sebagai Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol).

"Saya meminta kepada para orang tua agar dapat membina putra dan putrinya, baik itu pembinaan mental, fisik, akademik, hingga kesehatan sedini mungkin, sebelum mengikuti tes Akpol di kemudian hari," kata Komjen Agus Andrianto saat menghadiri kegiatan hasupa hasundau atau bertemu sapa di Stadion Mini Universitas Palangka Raya, Jumat.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, kata dia,  kuota Akpol di Polda setempat sebanyak 10 orang.

Ia berharap dari kuota sebanyak itu ada putra dan putri dari Kalteng yang nantinya diterima di Akpol. "Bahkan saya juga akan selalu dukung untuk putra daerah Kalteng, khususnya bergabung dengan institusi Polri melalui jalur Akpol," katanya.

Baca juga: Kompolnas harapkan Wakapolri tingkatkan profesionalitas anggota Polri

"Saya berharap nantinya dalam penerimaan Taruna Akpol ke depan ada terpilih anak-anak putra daerah yang lolos menjadi peserta didik di Akpol, sehingga ini bisa mengangkat harkat dan martabat warga Kalteng," ucapnya.

Dalam kegiatan hasupa hasundau tersebut jenderal bintang tiga itu juga diangkat sebagai warga kehormatan adat Dayak Kalteng oleh Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng.

Pada kegiatan itu pula Agus Andrianto juga dipasangkan pakaian adat dayak, laung berukuran Burung Enggang dan diberikan senjata Mandau oleh Ketua DAD Kalteng di sela-sela kegiatan tersebut.

Tidak hanya itu, orang nomor dua di Polri tersebut juga menyapa ratusan masyarakat yang membanjiri Stadion Mini UPR. Bahkan ia juga menikmati pertunjukan tarian kolosal daerah khas Kalteng yang dipersembahkan khusus untuk Wakapolri tersebut. 

Baca juga: Komjen Agus Andrianto tegaskan tak ada matahari kembar di Polri
​​​​

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023