Kota Ambon yang sudah berusia 448 tahun, ini tentunya juga terdapat banyak perubahan di kawasan hutan yang dialih fungsikan untuk pembangunan.
Ambon (ANTARA) - Komunitas Moluccas Coastal Care (MCC) membagikan sebanyak 400 anakan pohon sebagai hadiah untuk Kota Ambon di usia ke-448 tahun.

“Ke-400 anakan pohon ini kami bagi di daerah Lateri, Kota Ambon, sebagai hadiah sekaligus memeriahkan HUT Kota Ambon ke-448 tahun pada 7 September kemarin,” kata Direktur MCC Teria Salhuteru, di Ambon, Jumat.

Aksi pembagian pohon gratis ini, MCC berkolaborasi dengan angkatan muda ranting empat lateri, Kota Ambon dan Kewang muda Maluku.

Teria mengatakan, Kota Ambon yang sudah berusia 448 tahun, ini tentunya juga terdapat banyak perubahan di kawasan hutan yang dialih fungsikan untuk pembangunan.

“Luas daratan Kota Ambon sendiri sekitar 359,45 kilometer kuadrat dan kita mesti memperhatikan untuk beberapa puluh tahun yang akan datang apakah hutan-hutan di kota ini akan hilang atau tetap terjaga,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menjaga hutan di Kota Ambon, salah satu cara paling sederhana adalah meningkatkan kepedulian masyrakat kota untuk kembali menanam pohon.
Baca juga: Komunitas MCC minta pemerintah tangani mangrove mati di Teluk Ambon
Baca juga: Akibat angin kencang, pohon tumbang tindih rumah & kios warga di Ambon

Cara ini dilakukan untuk mempersiapkan sebuah kota yang tetap Asri, untuk generasi penerus kedepannya.

Pohon yang ditanam dapat memitigasi perubahan iklim karena satu pohon dewasa bisa menyerap emisi 150 kilogram setara CO2 setahun.

“Pohon-pohon ini juga bisa menurunkan suhu antara dua sampai delapan derajat Celsius. Karena itu, dengan langkah pembagian dan penanaman pohon oleh masyarakat dapat mengurangi tekanan panas di Kota Ambon kedepannya,” terang Teria.

Ketua Ranting Empat Lateri Frandy Corputty mengatakan, pembagian pohon ini diberikan Kepada jemaat lateri yang di dalamnya ada 11 sektor. Mereka akan menanam pohon ini di halaman rumah dan kebun masing-masing.

“Upaya ini untuk melestarikan daerah lateri lewat program angkatan muda bidang lingkungan. Masyarakat juga sangat merespon baik kegiatan ini,” ucap Frandy.

Ada 400 anakan pohon yang dibagikan terdiri dari Rambutan (30), Tabebuya (20), Pucuk Merah (200), Cengkeh (100) dan Pala (50)

“Ke-123 masyarakat lateri bersedia untuk mengambil dan menanam anakan pohon di halaman rumah dan kebun mereka,” ungkapnya.
Baca juga: Komunitas lingkungan di Ambon bagikan 380 bibit pohon gratis
Baca juga: Pembagian 1.000 anakan pohon warnai peringatan hari bumi di Maluku


Pewarta: Winda Herman
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023