Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri menguat 0,6 persen di awal perdagangan....
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka lebih tinggi pada perdagangan Senin, didorong oleh para penambang setelah data positif China menandakan stabilitas di ekonomi terbesar kedua di dunia itu, sementara saham Vistry melonjak setelah perusahaan pengembang perumahan tersebut mempertahankan prospek laba tahunannya.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri menguat 0,6 persen di awal perdagangan, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus ke pasar domestik terangkat 0,4 persen.

Baca juga: Saham Inggris berakhir positif, indeks FTSE 100 bertambah 0,49 persen

Data menunjukkan harga konsumen China kembali ke wilayah positif pada Agustus, sementara pinjaman baru bank di negara tersebut melonjak lebih dari perkiraan pada bulan lalu, mencerminkan tanda-tanda stabilisasi ekonomi di konsumen logam utama.

Penambang logam industri meningkat 2,8 persen, memimpin kenaikan sektoral.

Vistry Group melonjak 14,4 persen setelah pengembang perumahan Inggris tersebut mengatakan akan menggabungkan bisnis perumahan terjangkau 'Kemitraan' dengan operasi Pembangunan Rumah, sambil mempertahankan perkiraan laba tahunannya.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat jelang data inflasi AS dan pertemuan ECB

AstraZeneca melemah 0,6 persen, setelah The Mail melaporkan pada Minggu (10/9/2023) bahwa CEO pembuat obat tersebut Pascal Soriot secara pribadi memberi tahu teman dan penasihat tepercaya bahwa dia ingin mundur.

Barclays naik 0,7 persen setelah Reuters melaporkan bahwa pemberi pinjaman itu sedang menyusun rencana untuk memangkas ratusan pekerjaan, mengutip dua sumber yang mengetahui masalah tersebut, karena bank tersebut memotong biayanya sambil memulai tinjauan strategi yang lebih luas.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023