Target kita tahun ini Rp6,5 miliar
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat mengajak masyarakat di wilayah tersebut berkontribusi dalam "Bulan Dana PMI 2023" untuk mendukung kegiatan kemanusiaan.

"Bulan Dana PMI 2023" dilaksanakan selama tiga bulan, yakni mulai September, Oktober sampai November mendatang.

"Bulan Dana PMI dilakukan tiga bulan. Jadi mulai September, Oktober, November," kata Ketua PMI Jakarta Barat Beky Mardani saat dihubungi wartawan di Jakarta pada Selasa.

Beky menyebutkan, pihaknya bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat menargetkan dana sebesar Rp6,5 miliar terkumpul sampai akhir November mendatang.
"Target kita tahun ini Rp6,5 miliar," kata Beky.

Baca juga: PMI Jakbar dapat tambahan relawan Forpis di Terminal Kalideres

Beky juga menjelaskan, pihaknya membuka kanal sumbangan dari seluruh lapisan masyarakat, mulai dari masyarakat umum, sekolah, perusahaan, pengusaha restoran, pengusaha warung kopi dan sebagainya.

"'Bulan Dana PMI' itu kan sumber dananya dari masyarakat. Makanya kita harapkan partisipasi dari masyarakat Jakarta Barat untuk mendukung PMI," katanya.

Pengumpulan dana juga bisa dilakukan melalui Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). "Nah bisa nanti, misalnya, dari masyarakat umum itu melalui RT, RW itu kan ada," kata Beky.

Selain itu, pengumpulan dana juga dilakukan melalui mal-mal di Jakarta Barat (Jakbar). "Terus di mal-mal nanti ada 'dropbox' (kotak sumbangan)," katanya.

Di restoran juga ada di fasilitas untuk menyalurkan sumbangan. "Terus di tempat kopi atau di resto itu nanti ada 'Quick Response Code Indonesian Standard' (QRIS) untuk menyumbangkan dana," kata Beky.

Baca juga: PMI siapkan posko bantuan untuk korban banjir di Jakarta Barat

Mengenai kerja sama dengan pihak sekolah, Beky menjelaskan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Wilayah I dan Wilayah II Jakarta Barat dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan "Bulan Dana PMI Jakarta Barat 2023".

"Kalau sekolahnya semua, Jakarta Barat, Sudindik Wilayah I, Sudindik Wilayah II sudah kita koordinasikan" kata Beky.

Beky menjelaskan, dana yang terkumpul kemudian akan disalurkan sebagai bantuan ke korban-korban bencana. "Kalau Jakarta Barat kita ini untuk penanggulangan bencana," kata Beky.

Penggunaan dana yang terkumpul hampir separuhnya akan digunakan sebagai dana penanggulangan bencana. "Kita kan Jakarta Barat langganan kebakaran. Yang paling banyak di situ (dana PMI) buat membantu korban kebakaran," katanya.

Baca juga: PMI Jakbar kirim relawan ke pengungsian kebakaran Depo Pertamina

Misalnya, untuk mengevakuasi korban kebakaran ke rumah sakit dan pertolongan pertama evakuasi. "Kemudian memberikan bantuan untuk pengungsi seperti makanan dan minuman," kata Beky.

Kemudian dana yang terkumpul nanti dimanfaatkan untuk penyembuhan trauma (trauma healing) korban bencana.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Jakarta Barat
Hendra Hidayat yang juga Ketua Panitia Bulan Dana PMI Jakarta Barat 2023 mengajak masyarakat Jakarta Barat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

"Dukungan masyarakat untuk PMI ini sangat penting untuk membantu PMI melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan," kata Hendra.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023