Jakarta (ANTARA) - Pengumpulan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta Barat hingga saat ini mencapai Rp6,7 miliar atau 103 persen dari target.

"Alhamdulillah, kita sudah mencapai 103 persen. Itu sekitar Rp6,7 miliar," kata Wakil Wali Kota Jakbar, Hendra Hidayat saat ditemui di Jakarta, Senin.

Hendra mengatakan, sejumlah dana tersebut dikumpulkan sejak awal dimulainya kegiatan Bulan Dana PMI pada September sampai dengan November 2023.

"Ya sejak awal (September) sampai selesai November (2023). Kita sudah memenuhi target, " kata Hendra.

Ia mengapresiasi kontribusi dari berbagai pihak dalam Bulan Dana PMI Jakbar 2023, baik dari kalangan pemerintah, swasta, dunia pendidikan ataupun masyarakat luas.

Baca juga: Jakbar capai 80 persen target pengumpulan dana di Bulan Dana PMI 2023

"Terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah berpartisipasi mensukseskan Bulan Dana PMI. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi upaya kita untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan (lewat PMI) sehingga dapat menjadi berkah kebaikan dan manfaat untuk semua," ujar Hendra.

Sebelumnya, Kepala PMI Jakarta Barat (Jakbar) Beky Mardani mengatakan bahwa target Rp6,5 miliar pada 2023 realistis untuk dicapai.

"Bahkan bisa lebih, karena dibandingkan tahun lalu kita bisa mengumpulkan dana sebanyak Rp6,6 miliar, padahal targetnya hanya Rp6 miliar," kata Beky pada Jumat (20/10).

Beky menuturkan bahwa dana sosial tersebut dipakai hampir 50 persen untuk bantuan penanggulangan bencana alam atau peristiwa kebakaran di Jakbar.

"Sejak Januari 2023, sudah 77 kali PMI Jakbar membantu masyarakat hanya dari peristiwa kebakaran, belum kegiatan yang lainnya," kata Beky.

Baca juga: Jakbar ajak usaha restoran berkontribusi dalam Bulan Dana PMI

Kegiatan itu, kata Beky, bertujuan untuk mengumpulkan dana kemanusiaan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Dana yang terkumpul akan digunakan PMI sebagai sumber pembiayaan operasional, memberi bantuan saat bencana alam atau peristiwa, kegiatan sosial dan pelatihan relawan," kata Beky.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023