Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mencapai 80 persen target pengumpulan dana pada Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) tahun 2023.

"Alhamdulillah sekitar 80 persen sudah terkumpul dari target sebesar Rp6,5 miliar," ungkap Wakil Wali Kota Jakarta Barat (Jakbar)
Hendra Hidayat di Jakarta pada Senin.

Hendra optimistis target pengumpulan tersebut dapat tercapai 100 persen pada akhir November 2023. "Insyaallah (tercapai)," kata Hendra.

Ia mengapresiasi kontribusi dari berbagai pihak dalam Bulan Dana PMI Jakbar 2023, baik dari kalangan pemerintah, swasta dunia pendidikan maupun masyarakat luas.

Baca juga: Target donasi Bulan Dana PMI telah tercapai 30 persen di Jakbar

Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan Bulan Dana PMI.

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa meridhai upaya kita untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan (lewat PMI) sehingga dapat menjadi berkah kebaikan dan manfaat untuk semua," ujar Hendra.

Pemerintah Kota Jakarta Barat akan memaksimalkan keterlibatan swasta untuk berkontribusi selama Bulan Dana PMI 2023 guna mencapai target Rp6,5 miliar dibanding tahun sebelumnya sebanyak Rp6 miliar.

"Tidak hanya dari jajaran pemkot namun swasta akan dimaksimalkan," kata Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto setelah mengukuhkan Panitia Bulan Dana PMI Jakbar di Kantor Balai Kota, Rabu (13/9).

Baca juga: PMI Jakbar ajak masyarakat berkontribusi pada "Bulan Dana PMI 2023"

Berdasarkan data tahun lalu, target pengumpulan dana sebagian banyak didominasi dari dunia pendidikan, yaitu dari sekolah-sekolah yang ada di wilayah tersebut.

Karena itu, pihaknya memaksimalkan pengumpulan dana kemanusiaan dari sektor swasta karena memiliki potensi yang beragam seperti dari ratusan perusahaan, pasar-pasar dan pelaku usaha.

Setiap suku dinas yang ada diinstruksikan untuk "jemput bola" mengajak setiap pemangku kepentingan agar membantu PMI secara optimal.

Selain itu, pemerintah kota (pemkot) telah mendata lebih dari 100 perusahaan yang menjadi target sosialisasi untuk diajak membantu mengumpulkan dana sosial.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023