Jakarta (ANTARA) - Lima berita seputar DKI Jakarta pada Selasa (12/9) kemarin menarik perhatian publik dan layak menjadi referensi Anda pada Rabu pagi ini. Di antaranya terkait penghentian tilang uji emisi hingga pembahasan APBD Perubahan DKI 2023.
Berikut rangkumannya:

Polisi hentikan tilang uji emisi karena beratkan masyarakat

Polda Metro Jaya menghentikan tilang uji emisi karena memberatkan masyarakat dan lebih mengedepankan cara persuasif serta edukatif agar warga secara rutin merawat kendaraan sehingga menghasilkan gas buang yang tidak menimbulkan polusi udara.

"(Penilangan) Itu sebagai bahan evaluasi biar tidak memberatkan masyarakat, ini untuk sementara persuasif dan edukatif," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara Polda Metro Jaya Kombes Pol Nurcholis saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya

Gubernur DKI sebut APBD Perubahan DKI 2023 turun jadi Rp78,72 triliun

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan 2023 turun menjadi Rp78,7 triliun dari APBD 2023 sebesar Rp83,7 triliun.

"Total APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023 turun Rp5 triliun dibanding APBD Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp83,78 triliun," kata Heru saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya

Legislator pastikan banjir dan macet terakomodir di APBDP 2023

Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Khoirudin memastikan penanganan banjir dan macet terakomodir dalam rancangan Perda (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun anggaran 2023.

"Program strategis penanganan banjir, macet dan ketahanan pangan tidak boleh berubah,” kata Khoirudin usai Paripurna Penyampaian Pidato Pj. Gubernur mengenai Raperda APBDP 2023 di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin.
Baca selengkapnya

DPRD setuju DKI pinjam Rp1 triliun untuk bangun RDF Rorotan

DPRD DKI akhirnya menyetujui rencana Pemerintah Provinsi DKI untuk meminjam Rp1 triliun kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) bagi pembangunan pengolahan sampah menjadi bahan bakar (refused derived fuel/RDF) Rorotan, Jakarta Utara.
 
"Setelah dipertimbangkan berbagai hal, pada akhirnya usulan tersebut dirasa perlu disetujui," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya

Legislator minta DKI tambah akses transportasi umum di Rusunawa Nagrak

Anggota DPRD DKI Justin Adrian meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambahkan akses transportasi umum di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Nagrak, Jakarta Utara yang menjadi tempat relokasi warga Rusunawa Marunda .

"Salah satunya dengan adanya akses transportasi umum, mereka harus diberikan gambaran bagaimana kehidupan yang baik di rusun," kata Justin saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023