Ada barang ini sehingga kami bisa berkomunikasi langsung dengan keluarga yang berada di tempat jauh, jadi mari kita jaga alat ini baik-baik
Timika (ANTARA) - Dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah telah mengaktifkan jaringan internet Very Small Aperture Terminal (VSAT) di Kampung Kiliarma, Distrik Agimuga.

Plt Kepala Dinas Kominfo Mimika Albertus Tsolme melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Jumat, mengatakan jaringan internet sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai saluran komunikasi dan memperbaharui informasi.

"VSAT menjadi solusi jaringan internet, khususnya di daerah pedalaman dan pesisir pada Kabupaten Mimika," katanya.

Menurut Albertus, pengaktifan jaringan internet ini diharapkan dapat membantu masyarakat tetapi juga aparat pemerintah tingkat distrik dan kampung dalam melakukan pelayanan.

"Pengaktifan kembali jaringan internet menggunakan VSAT juga telah dilakukan di Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh pada Juli 2023," ujarnya.

Marianus Niwinolbak, salah satu tokoh masyarakat Agimuga menjelaskan, pihaknya mewakili seluruh masyarakat sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kominfo atas pengaktifan kembali jaringan internet di wilayah ini.

"Kami bisa berkomunikasi dengan keluarga yang jauh, yang sementara ada kuliah di Jawa juga Timika, kami bisa bertatap muka lewat video call dan bisa telepon," katanya.

Dia menambahkan agar masyarakat Agimuga bersama-sama menjaga dan merawat jaringan telekomunikasi yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika.

"Ada barang ini sehingga kami bisa berkomunikasi langsung dengan keluarga yang berada di tempat jauh, jadi mari kita jaga alat ini baik-baik," katanya.

Baca juga: Blokir internet di Jayawijaya dan Mimika dicabut

Baca juga: Pemkab Mimika hadirkan sistem digitalisasi bagi pelaku UMKM

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023