Untuk itu, mahasiswa yang mengikuti program doktor harus memiliki keahlian sebagai modal pengembangan karir yang lebih profesional dalam bidangnya
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jakarta Prof Dr Bambang Karsono mengharapkan program pascasarjana dapat menjadi motor penggerak pembangunan di berbagai sektor.

"Untuk itu, mahasiswa yang mengikuti program doktor harus memiliki keahlian sebagai modal pengembangan karir yang lebih profesional dalam bidangnya," kata Bambang Karsono dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakannya saat membuka seminar nasional bertajuk "Peran Pendidikan Pascasarjana dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Mampu Bersaing" di kampus Universitas Bhayangkara Jakarta, Jakarta, Jumat.

Baca juga: KBPP Polri dan Ubhara Jaya sepakat berikan pengabdian masyarakat

Acara tersebut juga sekaligus membuka secara resmi Program Studi Doktor Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta.

Menurut Bambang Karsono, pendidikan pascasarjana sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan perubahan jaman sehingga dibutuhkan keterampilan teknis yang relevan di bidangnya.

Dia mengatakan SDM yang terlibat dalam penelitian di pascasarjana memiliki kesempatan untuk menghasilkan penemuan baru dan menciptakan solusi sehingga pascasarjana dapat jadi penggerak, inovasi, dan berdaya saing di berbagai sektor.

"Pendidikan pascasarjana memberikan kesempatan bagi individu untuk memperdalam pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan pasar kerja, dunia kerja, dan dunia usaha," kata Bambang Karsono.

Baca juga: Ubhara luncurkan sistem keamanan sepeda motor cegah pencurian

Sementara itu, Guru Besar Universitas Airlangga yang menjadi pembicara seminar nasional Prof Dr Fendy Suhariadi mengatakan membuka program doktor hukum seperti yang dilakukan Universitas Bhayangkara Jakarta sangat tepat.

Saat ini, kata dia, jumlah lulusan doktor di Indonesia masih sangat sedikit atau sekitar 0,6 persen dari jumlah penduduk Indonesia sehingga Program Studi Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta memiliki potensi sangat besar untuk berkembang.

Ketua Program Studi Doktor Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Prof Dr S Tumanggor mengatakan pihaknya sangat yakin program studi yang dipimpinnya akan terus maju karena digawangi oleh para tenaga pendidik yang profesional dan berpengalaman.

"Kami dengan terbuka menerima masukan untuk kemajuan prodi hukum ini," kata S Tumanggor.

Seminar nasional dan pembukaan Program Studi Doktor Hukum ini dihadiri ribuan mahasiswa hukum jenjang sarjana, magister, dan doktor Universitas Bhayangkara Jakarta.

Baca juga: Pengukuhan purnawirawan Polri jadi guru besar Filipina diapresiasi

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023