Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengapresiasi Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) Irjen Pol (pur) Prof Dr Bambang Karsono yang dikukuhkan sebagai guru besar oleh Universitas Mindanao, Filipina.

Pengukuhan Bambang Karsono sebagai guru besar tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat Polri, keluarga besar purnawirawan Polri, Universitas Bhayangkara Jaya dan juga untuk masyarakat Indonesia, kata Edi dalam pernyataan tertulis di Jakarta.

"Kami menilai ini adalah bentuk capaian besar bagi Polri dan keluarga besar Polri, usai memperingati HUT ke 77 Polri, 1 Juli lalu," katanya.

Menurut dia, dalam sejarah Polri baru kali ini ada purnawirawan Polri mendapat pengukuhan guru besar dari kampus ternama di luar negeri.

Dia mengatakan sejak dipimpin oleh Prof Jenderal Pol (purn) Dr Chairudin Ismail, Yayasan Bharata Bhakti yang menaungi Universitas Bhayangkara banyak melakukan inovasi untuk kampus ini, antara lain pertukaran mahasiswa dengan kampus ternama di luar negeri, peningkatan kualitas kampus dan modernisasi kampus.

"Kita dukung penuh kampus milik keluarga besar Polri ini semakin unggul," kata penulis buku Hukum Kepolisian dan Tangkal Terorisme ini.

Baca juga: Lemkapi: "Salam Presisi" dari Presiden Jokowi bakar semangat Polri

Sebelumnya, Bambang Karsono meraih gelar akademik tertinggi sebagai profesor ke-10 yang diberikan oleh Universitas Mindanao, Filipina dalam program "Top Level Executive Exchange Program".

"Dukungan dari Universitas Mindanao menjadi loncatan yang sangat penting bagi kemajuan akademik dan sejalan dengan cita-cita Ubhara Jaya untuk menjadi kampus unggulan di level nasional dan internasional," kata Bambang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (8/7).

Pengukuhan gelar profesor ini diberikan dalam acara "The 6th Academic Investiture for Professorial Conferment" yang berlangsung di auditorium Universitas Mindanao, Kota Davao, Filipina.

Presiden Universitas Mindanao Dr Guillermo P. Torres menyatakan bahwa Ubhara Jaya dan Universitas Mindanao telah berkolaborasi secara internasional sejak tahun 2016.

"Berbagai inovasi program yang sudah dilakukan diantaranya kuliah internasional, penelitian bersama mahasiswa dan dosen, serta pertukaran mahasiswa. Komitmen ini akan terus berkembang hingga tingkat akademik yang lebih tinggi,” katanya.

Baca juga: Lemkapi: Pengangkatan Wakapolri-Kabareskrim tingkatkan kinerja Polri
Baca juga: Lemkapi nilai kehadiran Satgas TPPO Polri mulai dirasakan masyarakat

Pewarta: Santoso
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023