Beberapa desa bahkan belum ada jaringan telekomunikasi dan terjadi kesenjangan jaringan. Infrastruktur telekomunikasi yang memadai ini diharapkan akan menumbuhkan kawasan ekonomi baru
Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mendukung layanan telekomunikasi PT Telkom hadir secara merata hingga pelosok Sulsel untuk pertumbuhan ekonomi baru.

Bachtiar mengatakan, Pemprov Sulsel bersama pemerintah daerah kabupaten/kota siap mendukung upaya Telkom dalam infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas dan merata. Demikian juga upaya Pemprov menghadirkan akses spot internet di beberapa titik.

"Beberapa desa bahkan belum ada jaringan telekomunikasi dan terjadi kesenjangan jaringan. Infrastruktur telekomunikasi yang memadai ini diharapkan akan menumbuhkan kawasan ekonomi baru," ujar Bahtiar saat
bersilaturahmi dengan pimpinan PT Telkom di Kantor Regional VII, Makassar, Jumat.

Pertemuan ini membahas terkait dukungan BUMN dalam peningkatan pelayanan publik di bidang telekomunikasi termasuk layanan telepon, jaringan data dan internet.

Hadir EVP Telkom Regional VII, Agus Yudha Basuki, Deputi EVP Telkom Regional VII, Gaeanri Situmorang, GM Witel Makassar, Nuryadin Salam, GM Regional Enterprise and Goverment Service Telkom Regional 7, Feronika. Sedangkan Bahtiar didampingi oleh sejumlah kepala OPD termasuk Kadis Kominfo Sulsel, Andi Winarno Eka.

Menurut Bahtiar, jaringan telekomunikasi sangat penting di era teknologi informatika dan telekomunikasi yang dipastikan akan mempermudah banyak pekerjaan manusia, utamanya di sektor perekonomian.

"Keluhan masyarakat di antaranya persoalan jaringan. Karena kegiatan perdagangan dan belanja juga sudah online," sebutnya.

Bahtiar juga menyampaikan tantangan yang ada adalah pembangunan yang merata di Sulsel, terutama daerah di wilayah timur Sulsel, dari wilayah Luwu hingga Teluk Bone.

"Tantangan kita di Sulsel adalah di wilayah pantai timur, sedangkan yang banyak dibangun selama ini ada di pantai barat. Dari Luwu Timur sampai Teluk Bone adalah raksasa yang tidur," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bahtiar tidak lupa memperkenalkan diri dan tugasnya sebagai Penjabat Gubernur yang sekaligus Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Saya berterima kasih sudah disambut dengan hangat. Kami berkeliling melakukan kunjungan dan bersilaturahmi ke Telkom tujuannya, memberikan pelayanan publik, mensejahterakan dan memberikan kebaikan untuk 9 juta lebih masyarakat Sulsel, termasuk dari BUMN," kata Bahtiar.

Sedangkan, EVP Telkom Regional VII Agus Yudha Basuki mengapresiasi kunjungan Pj Gubernur Bahtiar sebagai semangat untuk semakin meningkatkan pelayanan publik, demikian juga dukungan ke Pemprov Sulsel

Ia menjelaskan, saat ini jaringan fiber optik seluruh wilayah telekomunikasi (Witel) yang berada di Telkom Regional 7 pada umumnya sudah mencapai 100 persen fiber optik.

"Telkom sudah masuk semua fiber optik. Termasuk Selayar," ungkapnya.

Baca juga: PT Telkom targetkan bangun data center lebih masif lagi, incar 400 MW

Baca juga: Telkom mendukung digitalisasi sektor perusahaan lewat OCA

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023