Ini sebuah rumah yang luar biasa, memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak-anak istimewa yang ada di Kota Surabaya
Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya Reni Astuti menyatakan bahwa pihaknya turut mendukung upaya bersama Pemkot Surabaya dalam rangka memberi perhatian bagi anak-anak berkebutuhan khusus (disabilitas).

"Ini sebuah rumah yang luar biasa, memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak-anak istimewa yang ada di Kota Surabaya,” kata Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti dalam keterangan terkait peresmian Rumah Anak Prestasi (RAP) Sonokwijenan, Surabaya, di Surabaya, Jawa TImur, Sabtu.

Pada  Jumat (15/9), RAP Sonokwijenan diresmikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani. Peresmian juga disaksikan Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Kepresidenan, Erlinda serta Plt Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rini Handayani.

Reni memberikan kesan positif atas keberadaan ruang kreativitas untuk anak-anak disabilitas  itu.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat di "Kota Pahlawan" itu untuk terus memberi semangat dan mencurahkan rasa kasih sayang kepada anak-anak istimewa itu.

"Mohon doanya juga kepada seluruh anak-anak Kota Surabaya, utamanya mereka yang memiliki kebutuhan khusus agar terus memperoleh kondisi terbaik mereka," kata legislator PKS ini.

Tidak ketinggalan ia juga mengapresiasi dedikasi para tenaga pengajar yang senantiasa mendampingi di berbagai satuan pendidikan maupun para wali murid yang begitu luar biasa membesarkan putra-putrinya itu.

"Terima kasih para guru di sekolah inklusi atau juga para guru yang ada di sini yang melatih dan mendidik anak-anak, terlebih lagi peran para orang tua hebat yang senantiasa membersamai dan mendoakan anak-anak Surabaya, luar biasa," katanya.

Reni Astuti yang saat peresmian itu juga hadir turut larut berkat penampilan berkesan saat menyaksikan salah seorang anak berkebutuhan khusus yang menyorot perhatian penonton melalui aksi olah vokalnya.

Sesekali terlihat dalam beberapa kesempatan para tamu undangan yang hadir menyeka air mata yang tidak terbendung manakala melihat penampilan para anak istimewa yang begitu menggugah hati.

RAP memiliki banyak ruang kelas yang bisa dimanfaatkan bagi anak-anak disabilitas yang dapat digunakan untuk lebih mengembangkan dan memaksimalkan ketertarikan mereka sesuai minat di berbagai bidang keterampilan.

Peresmian tersebut RAP Sonokwijenan ini merupakan pengembangan dari RAP yang sudah berdiri sebelumnya di Nginden Semolo, Sukolilo Surabaya pada tahun 2022.

Adapun fasilitas yang tersedia meliputi ruang kelas yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan ajar sesuai kebutuhan ABK, ruang terapi fisik dan okupasi, perpustakaan inklusif dengan koleksi beragam buku, area bermain yang aman dan dirancang bagi anak-anak disabilitas, serta fasilitas dukungan medis jika diperlukan.

Baca juga: Pemkot Surabaya fasilitasi hasil karya anak disabilitas di RAP

Baca juga: Rumah Anak Prestasi Surabaya jadi ruang kreativitas anak disabilitas

Baca juga: Unesa luncurkan aplikasi khusus disabilitas

Baca juga: Pemkot Surabaya buat galeri khusus untuk penyandang disabilitas

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023