Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, pada tahun 2023 mendapat bantuan dua unit ambulans dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat guna mendukung kegiatan Sail Teluk Cenderawasih.

Data diperoleh ANTARA dari Dinas Kesehatan Biak, Minggu, dua kendaraan ambulans terdiri satu ambulans motor laut dan satu unit kendaraan darat.

Kepala Dinas Kesehatan Biak Daud Nathaniel Duwiri di Biak, Minggu, mengatakan dua unit ambulans bantuan Kemenkes sudah diterima Pemkab Biak Numfor, yang selanjutnya telah diserahkan Bupati Herry Ario Naap kepada Dinkes Biak Numfor.

Bantuan kendaraan operasional ambulans untuk Dinas Kesehatan Biak Numfor, lanjutnya, sangat tepat guna menopang layanan masyarakat dan wisatawan yang butuh berobat saat menyaksikan perhelatan Sail Teluk Cenderawasih pada 1-7 November 2023.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan empat dukungan sukseskan STC 2023

"Bantuan mobil ambulans diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi pelayanan kesehatan di daerah," katanya.

Ia mengatakan ajang Sail Teluk Cenderawasih akan dihadiri wisatawan dari berbagai negara, sehingga dibutuhkan kesiapan layanan kesehatan yang baik dan ditunjang dengan operasional kendaraan ambulans laut dan darat.

Selain ambulans yang disiapkan, menurut Duwiri, pihak Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak dan Puskesmas Biak Kota dan Puskesmas Samofa akan memberikan layanan kesehatan di lokasi Festival Sail Teluk Cenderawasih selama kegiatan 1-7 November 2023.

Empat kabupaten sebagai penyelenggara Sail Teluk Cenderawasih 2023 diantaranya Biak Numfor selaku tuan rumah, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Waropen, dan Kabupaten Yapen Kepulauan.

Baca juga: TNI AL dukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih di Biak Numfor
Baca juga: Pemkab Biak alokasi Rp17 miliar untuk Sail Teluk Cenderawasih

Pewarta: Muhsidin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023