Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meraih Global Islamic Finance Award (GIFA) 2023, yang merupakan penghargaan level internasional di dunia keuangan Islam.

"Alhamdulillah, Baznas menerima penghargaan GIFA 2023 sebagai organisasi zakat kategori Program Pengumpulan dan Penyaluran Zakat Terbaik 2023 sebagai pengakuan atas berbagai program inovasi Baznas dalam melakukan pengentasan kemiskinan di Indonesia," ujar Ketua Baznas Noor Achmad dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Baznas raih penghargaan untuk penyaluran dam haji

Melalui ajang tersebut, kata dia, Baznas memenangi kategori GIFA Championship Award (Zakat Collection & Distribution) 2023. Penyerahan penghargaan itu diselenggarakan di Dakar, Senegal, Kamis (14/9) malam.

Noor Achmad menyampaikan bahwa penghargaan ini juga menjadi salah satu bukti pengelolaan zakat di Indonesia mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Baca juga: Baznas ajak keluarga muzaki kenali lebih dekat pengelolaan zakat

Ia menambahkan bahwa penghargaan ini menguatkan peran Baznas dalam upaya menyejahterakan umat. Oleh karena itu, Baznas berkomitmen untuk meningkatkan pengumpulan dan pendistribusian zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Berdasarkan data Pusat Kajian Baznas RI selama tahun 2022, Baznas dan seluruh pengelola zakat telah melakukan pengentasan kemiskinan kepada 463.154 mustahik fakir miskin, dan 194.543 di antaranya merupakan miskin ekstrem.

Baca juga: BAZNAS buka program Dakwah Komunitas Khusus untuk wilayah 3T

Angka pengentasan kemiskinan tersebut berkontribusi sebesar 1,76 persen terhadap pengentasan kemiskinan secara nasional dan sebesar 1,77 persen terhadap pengentasan kemiskinan ekstrem.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023