Ternate (ANTARA) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi bidan dari lima kabupaten/kota yang bertugas di pulau terpencil.

Ketua Pokja Pelatihan SDM Perwakilan BKKBN Provinsi Malut Udin Lahidi dihubungi Ternate, Jumat, mengatakan BKKBN menyiapkan bidan pelayanan KB di pulau terpencil dengan memperkuat pengetahuan dan pelatihan melalui simulasi kering dan praktik basah.

Baca juga: BKKBN Malut fokus wujudkan program penurunan stunting di kawasan 3T

Sebelum simulasi kering berlangsung, peserta dibagi beberapa kelompok untuk melakukan praktik kering pemasangan alat kontrasepsi di dampingi oleh fasilitator. Kegiatan selanjutnya, peserta melakukan praktik basah pemasangan alat kontrasepsi langsung di RS Chasan Boesoerie Ternate didampingi oleh fasilitator.

Kegiatan pelayanan kontrasepsi bagi bidan dan dokter ini dipandu oleh MOT dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara Fani Syamsudin.

Pelaksanaan pelatihan pelayanan kontrasepsi merupakan upaya peningkatan kompetensi bagi sejumlah bidan yang berada di fasilitas kesehatan, khususnya bagi para bidan yang berada di daerah terpencil dan menjadi kantong strategis pelayanan KB. Pihaknya bekerja sama dengan Rumah Sakit Chasan Boesoerie Ternate sebagai tempat praktik pelatihan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara Nuryamin menyampaikan harapannya kepada peserta pelatihan yang memperoleh sertifikasi standar pelayanan KB dapat berperan aktif memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dengan ragam kontrasepsi.

Sementara itu, pelayanan keluarga berencana (KB) di pulau-pulau terpencil, kegiatan simulasi kering pada pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi dokter dan bidan di fasyankes Angkatan II Tahun 202, diikuti oleh 15 peserta dari 5 kabupaten/kota, yaitu Kota Ternate, Halmahera Selatan, Pulau Morotai, Kepulauan Sula, dan Pulau Taliabu.

Baca juga: BKKBN targetkan 1.182 kelurahan/desa di Malut miliki PIK-R

Baca juga: IDI Malut laporkan penghina profesi dokter ke polisi


Fasilitas pelatihan ini merupakan kerja sama antara perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara dengan Bapelkes Makassar

Kegiatan simulasi kering pada pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi dokter dan bidan di fasyankes Angkatan II Tahun 2023, dilaksanakan pada 19-22 September 2023, di Kota Ternate.
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023