Sumatera Utara merupakan miniatur Indonesia. Semakin kuat bersatu, maka akan semakin diperhitungkan
Deli Serdang (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto mengajak warga untuk bersama-sama menjaga suasana aman dan nyaman yang saat ini sudah terbina di Sumatera Utara agar dapat terus terjaga selamanya.

"Demikian juga seluruh keluarga besar Pujakesuma (putra Jawa kelahiran Sumatra---red) agar dapat bekerja sama dengan komunitas-komunitas lain untuk menciptakan suasana aman dan nyaman," katanya di Deli Serdang, Jumat, saat acara peletakan batu pertama pembangunan Pendopo Agung Pujakesuma di Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Ia mengatakan Sumatera Utara merupakan miniatur Indonesia. Semakin kuat bersatu, maka akan semakin diperhitungkan. Sumatera Utara adalah barometer untuk keamanan di Indonesia, untuk itu kondusifitas tersebut tersebut harus terus dijaga dengan baik.

"Semua harus untuk bersatu dengan berbagai keanekaragaman.Bersama-sama terus meningkatkan suasana yang aman dan tidak terprovokasi dengan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA)," katanya.

Baca juga: Wakapolri gelar bakti sosial bagikan 5.000 paket sembako

Baca juga: Presiden Jokowi silaturahim dengan Paguyuban Pujakesuma Riau


Sebelumnya Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan pembangunan Pendopo Agung Pujakesuma tersebut sejalan dengan visi Deli Serdang yang maju dan sejahtera, dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Pembangunan pendopo agung ini merupakan peristiwa bersejarah. Bagi masyarakat Deli Serdang, warga Pujakesuma bukan orang asing, tapi sesungguhnya warga Pujakesuma sudah sebagai tuan rumah dari Kabupaten Deli Serdang.

"Kita memahami, jumlah penduduk Deli Serdang, mayoritas Pujakesuma. Pemkab menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih atas pembangunan Pendopo Agung ini. Dan InsyaAllah pendopo ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Deli Serdang," katanya.

Sebelumnya, perwakilan Panitia Pembangunan Pendopo Agung Pujakesuma, Joko Susilo, menyampaikan pendopo tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, dengan luas bangunan 15 X 30 meter, dilengkapi dengan pendopo, musala dan lainnya.

"Tujuan pembangunan pendopo ini untuk memberi manfaat bagi warga Pujakesuma, untuk menampilkan produk-produk UMKM warga Pujakesuma, tempat latihan, pengembangan seni dan budaya serta menjadi tempat masyarakat berkumpul ketika melakukan pertemuan," katanya.



 

Pewarta: Juraidi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023