Cilacap (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali mengadakan kegiatan inisiatif karyawan yang bertema ramah lingkungan dengan membagikan 100 paket non-plastik yang bisa digunakan ulang dan mengedukasi masyarakat agar menggunakan produk ramah lingkungan.

Kegiatan inisiatif karyawan itu merupakan gerakan kolektif sebagai bentuk kepedulian sosial dan lingkungan dengan mengusung tema Go Green “Lindungi Bumi dari Sampah Plastik”.

Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Kebon Sirih, dalam keterangannya yang diterima di Cilacap, Rabu, membagikan 100 paket ramah lingkungan berupa goodie bag yang berisikan sedotan stainless, tumbler stainless, dan alat makan portabel yang dananya merupakan hasil partisipasi sukarela dari seluruh karyawan.

Baca juga: BPJAMSOSTEK gandeng Andy F Noya guna dongkrak kepesertaan

Pembagian dilaksanakan di Kebon Sirih, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. "Pemberian paket ramah lingkungan adalah bentuk kepedulian insan BPJAMSOSTEK agar kondisi bumi lebih baik," ujar Kepala BPJAMSOSTEK Jakarta Kebon Sirih Muhyiddin DJ yang akrab disapa Indhy.

Dia berharap kegiatan itu bisa mendorong kesadaran masyarakat, termasuk karyawan untuk melestarikan lingkungan. "Dengan memakai peralatan reusable (diguna ulang) yang otomatis akan mengurangi sampah plastik di lingkungan kita," ucapnya.

Dia berharap langkah itu membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peduli lingkungan dengan meminimalkan penggunaan plastik.

Baca juga: BPJAMSOSTEK luncurkan KKBC Masuk Desa gaet pekerja informal

Momentum tersebut juga digunakan mensosialisasikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan secara langsung kepada masyarakat sekitar, sehingga mereka makin sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

BPJAMSOSTEK, kata Indhy, tidak hanya mengajak masyarakat sadar akan pentingnya perlindungan dari risiko kerja, namun juga peduli akan pentingnya menjaga keselamatan bumi kita dari risiko pemanasan global.

Baca juga: BPJAMSOSTEK mulai datangi kelurahan-kelurahan kampanyekan KKBC

“Kami senang menerima paket ramah lingkungan ini sehingga dapat turut menjaga lingkungan dan lebih mengetahui manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," tutur Rohim, salah satu warga yang menerima paket ramah lingkungan.

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023