suruh percepatan
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memanggil Perumda Pasar Jaya untuk membahas percepatan revitalisasi Pasar Tanah Abang guna menindaklanjuti sepinya pengunjung di pasar tersebut.
 
"Hari ini saya panggil lagi (Perumda Pasar Jaya). (Yang dibahas) pertama, suruh percepatan. Pasar Jaya itu harus mengikuti konsep perubahan fakta dan data terkini," Kata Heru di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Itjen Kemendagri), Gambir, Jakarta Pusat, Jumat.
 
Selain itu, pertemuan itu juga membahas terkait harga sembako atau pangan menjelang akhir tahun.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya menghidupkan kembali atau merevitalisasi Pasar Tanah Abang Blok G seperti halnya perbelanjaan Sarinah Thamrin untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

"Sarinah juga dulu sepi. Sekarang ramai kan? Ya nanti kita bikin inovasi yang kurang lebih seperti itu supaya pengunjung datang," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (27/9).

Baca juga: Mendag tinjau Pasar Tanah Abang setelah terbitkan Permendag 31/2023

Ia mengatakan Perumda Pasar Jaya selaku pengelola bisa menjadikan Pasar Tanah Abang sebagai kawasan pengembangan berorientasi transit (transit oriented development/ TOD) yang terintegrasi dengan simpul-simpul transportasi umum di DKI Jakarta.

Joko mengatakan Pemprov DKI Jakarta sampai saat ini terus berkomunikasi dengan Perumda Pasar Jaya agar revitalisasi Pasar Tanah Abang berjalan lancar.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan penjualan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat terlihat sepi karena adanya perubahan cara berbelanja konsumen.

"Yang pertama itu mungkin adalah bagian dari perubahan konsumen untuk membeli sesuatu. Di Ibu Kota kan kebanyakan belanja daring, tentunya kita semua juga harus mencermati itu," kata Heru saat ditemui di Jakarta Utara, Sabtu (16/9).

Heru menilai konsumen sudah beralih dengan berbelanja secara daring ketimbang capek-capek berkunjung ke pasar konvensional.

Baca juga: DKI bahas opsi revitalisasi Tanah Abang

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023