Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak warga Depok yang beragama Islam untuk melaksanakan Shalat Istisqa pada Rabu, 4 Oktober 2023. 

Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Jawa Barat, Selasa, mengatakan akibat musim kemarau beberapa wilayah di Kota Depok mengalami kekeringan dan kesulitan air.

Untuk itu Pemkot mengajak warga yang beragama Islam untuk melaksanakan shalat minta hujan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT). "Shalat Istisqa upaya kita meminta curahan air sebagai sumber kehidupan," ucapnya.

"Para ulama fiqh mendefinisikan Shalat Istisqa sebagai shalat sunnah muakkadah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan air hujan," katanya.

Baca juga: Minta hujan, Pemprov NTB akan gelar Shalat Istisqa pada 9 Oktober

“Kami Pemkot Depok dan MUI berinisiatif mengajak warga untuk ikut kegiatan ini di masing-masing kecamatan,” kata Imam Budi Hartono.

Selain itu Wakil Wali Kota Depok itu mengajak umat Islam meminta ampun atas segala dosa serta memperbanyak istighfar.

Sementara itu Anggota Fraksi PKS DPRD Depok Qurtifa Wijaya mengajak warga melaksanakan Shalat Istisqa karena kondisi beberapa daerah di kota tersebut mengalami kekeringan.

Shalat Istisqa, kata dia, merupakan bentuk usaha dan memohon kepada Allah SWT agar hujan turun. "Shalat Istisqa bentuk ikhtiar (usaha) sebagai manusia," tutur pria yang akrab Ustadz Quri.

Selain itu dia mengingatkan agar Pemkot Depok mengkoordinasikan bantuan pengadaan mobil tangki air bersih untuk warga yang wilayahnya sudah mengalami kekeringan.

Baca juga: Minta turun hujan, 1.990 masjid di Palembang diimbau shalat Istisqa
Baca juga: Ratusan pegawai Pemkab Bekasi Shalat Istisqa minta turun hujan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023