Jakarta (ANTARA) - Setelah sukses menghadirkan festival kopi di Medan, Semarang, dan Bandung sebelumnya, Jakarta kini menjadi kota terakhir yang menjadi puncak Kopi Fest Indonesia 2023. Lantas, kemeriahan apa saja yang bisa pengunjung temukan pada acara ini?

“Sebagai tempat terakhir yang disambangi oleh Kopi Fest Indonesia 2023, kami akan membawakan rangkaian acara yang tak kalah seru, booth yang menarik bagi para pecinta kopi dan pengunjung umum, hingga ratusan hadiah menarik dan promo eksklusif,” jelas Jhoni Kusno, CEO dan Co- Founder dari Otten Coffee Indonesia dalam konferensi pers di Mall Kota Kasablanka, Rabu (04/10).

Di Jakarta, Kopi Fest Indonesia akan berlangsung selama 5 hari di Mall Kota Kasablanka, yakni tanggal 4 hingga 8 Oktober 2023. Pengunjung dapat menemukan banyak aktivitas menarik, termasuk pengalaman untuk mencicipi berbagai minuman yang unik, baik berbasis kopi maupun bahan lainnya.

“Acara ini dapat merangkul seluruh kalangan, baik penikmat kopi kasual, expert, hingga pengunjung umum. Kami membawakan sejumlah kreasi beverage terutama kopi yang otentik dari berbagai daerah di Indonesia, kami berharap turut mendapatkan insight dari masyarakat dalam mengembangkan industri kopi,” tambah Sherley Ruslie, Managing Director dari Rasa Group, Rabu.

Selain itu, para pengunjung juga dapat menonton final 2 kompetisi meracik kopi dan minuman prestisius berskala nasional hingga internasional. Kompetisi seperti apa? Berikut informasinya.

Baca juga: Kopi rasa cokelat pisang dihadirkan untuk rayakan Hari Valentine

Baca juga: Tips seduh kopi nikmat ala kafe saat #dirumahaja


Indonesia AeroPress Championship 2023

Indonesia AeroPress Championship adalah kompetisi tingkat internasional yang mempertemukan banyak kalangan, mulai dari penyeduh kopi rumahan hingga para profesional yang menggunakan AeroPress, alat kopi yang populer di antara para pecinta kopi.

“Sebagai pemegang lisensi resmi Indonesia AeroPress Championship, Otten Coffee mengapresiasi antusiasme para peserta tahun ini. Banyak peserta memiliki teknik berbeda-beda. Uniknya, kompetisi ini tak melulu diikuti oleh barista kawakan, namun juga para penyeduh kopi rumahan,” jelas Jhoni.

Di Indonesia, kompetisi ini sebelumnya diselenggarakan di tahap regional dengan diikuti lebih dari 300 peserta yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Hal ini menunjukkan animo yang luar biasa dari masyarakat Indonesia, karena tercatat sebagai salah satu jumlah peserta terbanyak di seluruh dunia.

Nantinya, para pemenang dari tiap kota tersebut akan dipertandingkan kembali dalam babak final di Jakarta tanggal 5 Oktober 2023. Pemenang dari babak ini akan dikirimkan menjadi perwakilan Indonesia di Melbourne, Australia untuk berlaga di World AeroPress Championship 2023 dan berhadapan para juara dari negara-negara lain.

“Laga finalnya sendiri dapat Anda tonton langsung di Mall Kota Kasablanka pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang,” kata Jhoni. “Mari kita nantikan nama yang akan mewakili Indonesia setelah babak final!”

Barista Innovation Challenge 2023

Barista Innovation Challenge adalah sebuah kompetisi yang menantang para barista serta home brewer untuk berinovasi menampilkan keahlian dalam meracik berbagai minuman berbasis kopi. Kompetisi ini telah berlangsung di beberapa kota, dan dilanjutkan dengan laga final yang akan dihadirkan di kota Jakarta.

“Seperti tahun lalu dengan diadakannya BIC, kami mengharapkan bisa mendapat varian resep cita rasa kopi yang membawa ciri khas Indonesia dan rasa yang bersaing di kancah luar negeri di BIC tahun ini,” terang Sherley.

Lebih meriah dari tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta, yang semuanya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Nantinya, para juri akan melakukan penilaian secara menyeluruh hingga akhirnya mendapatkan pemenang untuk Barista Innovation Challenge 2023.

“Anda dapat menyaksikan finalnya tanggal 8 Oktober mendatang,” tambah Sherley. “Final ini sekaligus akan menjadi salah satu acara puncak di hari terakhir pagelaran Kopi Fest Indonesia 2023. Saksikan kemeriahannya!"

Baca juga: Otten Coffee racik kopi yang nyaman dikonsumsi setelah puasa

Dukungan dan promo dari BCA Bangga Lokal di puluhan gerai

Kopi Fest Indonesia 2023 juga berkolaborasi dengan BCA Bangga Lokal untuk mendukung UMKM dari berbagai daerah terutama yang ada di industri kopi Indonesia. Hal ini selaras dengan misi untuk #MengopikanIndonesia.

"Sebagai bagian dari perbankan Indonesia, BCA senantiasa berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, termasuk dukungan kepada UMKM Indonesia. Kami ingin UMKM Indonesia semakin naik kelas, salah satunya melalui partisipasi di kegiatan Kopi Fest Indonesia,” ujar Vice President BCA Septi Herlina.

Tidak hanya itu, para pengunjung bisa memperoleh cashback hingga Rp 50.000,- yang berlaku untuk pembelian di seluruh tenant Kopi Fest Indonesia 2023 di Jakarta dengan detail program sebagai berikut:

• Cashback Rp 50.000,- setiap pembelian minimum Rp 150.000,- berlaku untuk 150 transaksi pertama/hari menggunakan QRIS di myBCA;
• Cashback Rp 30.000,- setiap pembelian minimum Rp 150.000 dengan QRIS di myBCA/BCA mobile/Sakuku dan Debit BCA, berlaku untuk 100 transaksi pertama/hari.

Festival ini juga akan menghadirkan berbagai promosi yang menarik dari berbagai merek, mulai dari produk khas di industri kopi hingga jajan enak dari merek lokal populer yang dicintai masyarakat. Di antara merek dagang yang meramaikannya terdapat Acaraki Jamu, Roti Kebanggaan Gading Serpong, Korte, dan lainnya.

Petualangan rasa dengan ragam aktivitas meriah dan berhadiah

Dalam Kopi Fest Indonesia, pengunjung dapat menemukan racikan minuman eksklusif yang tak ada di acara lain dalam experience bar. Terdapat pula kegiatan-kegiatan dan petualangan menarik bagi para pengunjung, mereka dapat memenangkan mesin kopi hingga hadiah lain dengan total jutaan rupiah.

Kopi Fest Indonesia 2023 diselenggarakan atas kolaborasi Otten Coffee dan Rasa Group serta didukung BCA Bangga Lokal dan media nasional seperti Linknet Enterprise, First Media, dan AntaraNews.com. Kopi Fest Indonesia 2023 juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia; diikuti dengan jajaran sponsor dari merek internasional ternama seperti Bialetti, Mazzer, Orchestrale, Mahlkonig, Acaia, dan Fellow.

“Kami akan menunggu kedatangan Anda di puncak acara Kopi Fest Indonesia 2023 di Jakarta. Sampai ketemu di Mall Kota Kasablanka!” tutup Jhoni.

Baca juga: Otten Coffee tawarkan grinder kopi edisi terbatas produksi Mahlkönig

Baca juga: Otten Coffee hadirkan tiga alat kopi unik ke Indonesia

Baca juga: Otten Coffee perkenalkan membership kepada pelanggan pecinta kopi

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023