Kami ingin ada pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia Timur
Jakarta (ANTARA) - Pejabat Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) Hermin Esti Setyowati mengatakan Sail Teluk Cenderawasih 2023 menjadi pemantik pembangunan untuk wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua.

“Kami ingin ada pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia Timur,” kata Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi Hermin Esti Setyowati kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai memberi sambutan dalam acara Pesona Seni Budaya Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 dan Peluncuran Promosi Papan STC di Bundaran HI, Jakarta.

Esti mengatakan bahwa Kemenkomarves mengawal Sail Teluk Cenderawasih 2023 sejak awal Februari. Hampir setiap bulan, kata dia, pihak Kemenkomarves datang ke Papua untuk mempersiapkan acara ini.

Adapun sejumlah pertunjukan yang akan ditampilkan pada Sail Teluk Cenderawasih adalah paralayang, lomba perahu nelayan, kapal yacht dari sejumlah negara, hingga sinergi wisata bahari oleh TNI AL.

Ia meyakini Sail Teluk Cenderawasih dapat memantik pembangunan Papua dengan cara menarik perhatian masyarakat. Esti menjelaskan, dengan menarik perhatian masyarakat dan menginformasikan kepada publik terkait potensi apa saja yang ada di Papua, wisatawan akan berdatangan.

Nantinya, ujar Esti melanjutkan, para wisatawan ini akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

“Kalau tidak ada event di sana, orang tidak akan tahu ada apa aja di sana. Jadi, ini sebetulnya adalah salah satu pemantik untuk mendatangkan orang ke Papua,” kata Esti.

Esti memaparkan empat kabupaten yang akan terlibat dalam Sail Teluk Cenderawasih 2023 ini, yaitu Biak Numfor, Yapen Kepulauan, Waropen, dan Kabupaten Sarmi.

Ia berharap agar pemerintah daerah dapat memanfaatkan momentum ini untuk membuka potensi perikanan kelautan, serta sektor pariwisata daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Kolaborasi, dukungan, dan kerja sama kita semua akan membuat Sail Teluk Cenderawasih ini berjalan sukses,” kata Esti.

Diketahui, Sail Teluk Cenderawasih 2023 akan berlangsung pada 1-7 November 2023. STC 2023 di Biak Numfor merupakan program strategis nasional bidang kepariwisataan serta menjaga kedaulatan kemaritiman Indonesia di kawasan Pasifik.

Dalam acara ini akan digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran UMKM, pentas seni budaya, pasar kuliner, serta acara hiburan.

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan buka Sail Teluk Cenderawasih 2023

Baca juga: Festival Negeri 1.000 Ombak Sarmi rangkaian kegiatan STC Biak

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023