Jakarta (ANTARA) - Beragam berita hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dan berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.
 
1. KPK periksa direktur Kementan terkait penyidikan dugaan korupsi
 
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memeriksa Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Muhammad Hatta sebagai saksi kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.
 
"Informasi yang kami terima, yang bersangkutan telah hadir dan segera dilakukan pemeriksaan oleh tim penyidik," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Meski demikian Ali belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai keterangan apa yang akan didalami penyidik dalam pemeriksaan tersebut.

Selengkapnya baca di sini

2. Anggota DPRD Kolaka ditemukan tewas di kamar mandi hotel di Kendari
 
Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka inisial SU (57) ditemukan tewas di dalam kamar mandi hotel di Jalan Supu Yusuf Nomor 27, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).
 
Kepala Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari AKP Fitrayadi di Kendari Senin, mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi, pada Minggu (8/10) sekitar pukul 23.45 WITA.
 
"Di sebuah hotel di Mandonga, ditemukan mayat berjenis kelamin laki-laki," kata Fitrayadi.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
3. Kejagung periksa dua pejabat Kemendag terkait kasus impor gula
 
Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Senin, memeriksa dua pejabat di Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai saksi dalam penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi kegiatan importasi gula periode 2015 - 2023 di lembaga kementerian tersebut.
 
Pemeriksaan kedua saksi tersebut dilakukan setelah pekan sebelumnya, Selasa (3/10), Penyidik Jampidsus meningkatkan status penanganan perkara dari penyelidikan ke tahap penyidikan.
 
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana menyebut kedua saksi yang diperiksa hari ini, yakni Kepala Biro Hukum Kemendag berinisial SH dan Koordinator Bidang Pengawasan Barang Kebutuhan dan Barang Peting Kemendag berinisial NMKD.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
4. Pemerintah RI upayakan evakuasi WNI di Jalur Gaza Palestina
 
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan bahwa pemerintah Indonesia tengah mengupayakan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak serangan udara militer Israel di Beilt Lahiya di Jalur Gaza, Palestina, Sabtu (7/10).
 
"Kita sedang usahakan evakuasi WNI di Jalur Gaza," kata Prabowo di Jakarta, Senin malam.
 
Prabowo menegaskan bahwa Pemerintah akan terus mengikuti perkembangan situasi yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan militer Israel yang juga menyasar Rumah Sakit Indonesia di sana.
 
Selengkapnya baca di sini.
 
5. Polri gunakan "body worn camera" pantau keamanan KTT AIS Forum 2023
 
Petugas pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island State (KTT AIS) Forum 2023 menggunakan teknologi kamera di tubuh atau body worn camera guna memantau keamanan konferensi internasional di Nusa Dua, Bali, pada 10-11 Oktober itu.
 
"Body worn camera ini terpasang di personel kami yang bertugas di kawasan yang berseragam, untuk bisa memonitor situasi apa yang ada di lapangan dan tempat itu tak ada CCTV (kamera pengawas)," kata Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Bali Kombes Pol. Ambariyadi Wijaya dalam keterangannya di Denpasar, Bali, Senin.
 
Seluruh pengamanan KTT AIS Forum 2023 dikendalikan dari 91 pusat komando atau command center di ITDC Nusa Dua, Bali. Penggunaan kamera tubuh itu mencakup wilayah-wilayah yang tidak dilengkapi dengan kamera pengawas.
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023