Saya minta semuanya berfungsi dengan baik
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk membenahi sarana umum dalam upaya mempertahankan Piala Adipura 2023.

"Saya minta semuanya berfungsi dengan baik," kata Wali Kota Jaktim Muhammad Anwar saat memimpin pemeriksaan terakhir dalam rangka pemantauan Adipura 2023 di Kantor Wali Kota Jaktim, Rabu.
 
Menurut Anwar pemeriksaan akhir pada 18-20 Oktober 2023 menjadi bagian penting karena merupakan  tahap pemantauan dari tim Adipura Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
Anwar meminta agar camat, kepala pasar, kepala stasiun, dan kepala terminal segera melakukan evaluasi prasarana umum sesuai dengan titik penilaian masing-masing.
 
Anwar mengatakan dengan adanya evaluasi itu maka bisa diketahui titik mana saja yang harus dibenahi. seperti di pasar, ruang publik, stasiun, dan terminal.

Anwar juga menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melaksanakan kerja bakti massal pada Minggu (15/10) di seluruh kecamatan.
 
Dalam persiapan pelaksanaan Adipura, Wakil Wali Kota Jaktim Iin Mutmainah pada Selasa (10/10) melakukan peninjauan taman, bank sampah, dan hutan kota.
 
Peninjauan dilakukan untuk memastikan di tiga lokasi tersebut memiliki pengolahan sampah dan kebersihannya terjaga dengan baik.
 
"Tiga lokasi yang kita lihat untuk memastikan sejauh mana kesiapan dari tim dan jajaran agar tidak ada sampah plastik. Lalu pengolahan sampah dan juga ada komitmen terus menjaga lingkungan tetap bersih," kata Iin.
 
Namun demikian, Pemkot Jaktim tak hanya ingin sekadar meraih Piala Adipura semata, melainkan pola pikir masyarakat juga bisa membantu menjaga Jakarta Timur tetap bersih dan tanpa sampah.
 
"Bukan meraih yang menjadi penting, tetapi bagaimana membiasakan mengurangi sampah, mengubah pola pikir untuk membiasakan masyarakat untuk membuang sampah secara benar. Kemudian mengolah sampah, mengurangi sampah, memilah sampah dari sumbernya, itu yang paling penting sehingga Jakarta jadi kota yang tanpa sampah, sukses Jakarta Timur untuk Jakarta," kata Iin.
 
Pemkot Jaktim telah meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup, yakni Piala Adipura Tahun 2022 untuk Kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
Piala Adipura Tahun 2022 bagi Kota Administrasi Jakarta Timur ini merupakan peningkatan mengingat pada 2018, Kota Administrasi Jakarta Timur hanya meraih sertifikat Adipura.
 
Sedangkan pada 2019, 2020 dan 2021, penghargaan Adipura tidak diselenggarakan menyusul pandemi COVID-19 di Tanah Air.
Baca juga: Piala Adipura, Pemkot Jaktim tingkatkan sinergi dengan warga
Baca juga: Pemkot Jaktim ajak warga jaga kebersihan Sungai Ciliwung
Baca juga: Petugas kebersihan gedung di Duren Sawit terjatuh dari lantai 4

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023